DepokMelung 28 Desember 2016, Desa Melung kaya akan potensi sumber daya alam yang sangat menarik. Salah satunya adalah pemandangan alam dengan latar belakang Gunung Slamet dan Bukit Cendana. Hawa udara pegunungan yang sejuk menjadikan kawasan ini sangat cocok untuk dibangun wahana wisata. Dalam rangka mengeksplotasi sumberdaya alam yang ada Pemerintah Desa Melung pada tahun anggaran 2016 membuat sebuah wahana wisata.

Melalui dana desa (DD) Pemerintah Desa Melung mengelontorkan dana sebesar Rp. 170.989.000,- (seratus tujuh puluh juta sembilan ratus delapan puluh sembilan ribu rupiah) untuk membangun sarana dan prasarana wisata pendidikan. Wisata Pendidikan adalah penggabungan unsur wisata dengan muatan pendidikan didalamnya. Program wisata pendidikan kedepan akan lebih memperkenalkan budidaya pertanian organik. Untuk mempersiapkan wisata pendidikan tersebut telah dibangun akses jalan setapak dengan lebar 1,8 M dengan panjang 202 M. Jalan tersebut dipersiapkan agar memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi wisata pendidikan.

Kedepan obyek wisata ini akan dimanfaatkan untuk wisata pendidikan. Terutama untuk kalangan taman kanak-kanak hingga SLTA. Program wisata pendidikan akan fokus terhadap dunia pertanian, khususnya pertanian organik. Program wisata pendidikan sudah saatnya dikembangkan di setiap sekolah sebagai proses pembelajaran siswa tentang cinta bangsa, negara dan tanah air.

Disamping mempersiapkan jalan juga telah disiapkan tiga buah gazebo dengan ukuran 2 x 2 untuk sekedar duduk sambil menikmati pemandangan. Satu buah kolam ikan yang berada di tengah-tengah area persawahan juga dibangun untuk menambah daya tarik.

Lokasi yang sangat strategis karena berada di tepi jalan raya yang disekitarnya terdapat situs (makam-makam) yang dikeramatkan. Ada sekitar tiga makam yang tempatnya terpisah-pisah dengan ciri khas yang sangat religius. Makam yang biasa disebut Batur Mbah Taliwangsa, Batur Buyut dan Batur Tanuwangsa.

Sangat diharapkan kegiatan wisata pendidikan dapat menjadi sarana pelajar untuk melestarikan budaya dan mengenalkan nilai luhur sejarah dan budaya bangsa Indonesia.