hektar

Dusun

RW

RT

Desa Melungterletak di lereng kaki Gunung Slamet, Jawa Tengah. Secara administratif, masuk dalam wilayah Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Desa dengan jumlah penduduk 2.265 jiwa (data desa 2015) Secara geografis sebelah utara berbatasan dengan hutan negara (Perhutani). Sebelah timur berbatasan dengan Desa Ketenger dan Desa Karangtengah Kecamatan Baturaden. Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kutaliman dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Windujaya.

Desa Melung memiliki topografi berbukit-bukit dengan kemiringan rata-rata 45% dan berada pada ketinggian rata-rata 400-700 dpl. Jenis tanah yang pada umumnya adalah latosol dengan batuan vulkanik jenis andesit.

Desa Melung memiliki luas wilayah 289,89 hektar yang tediri dari tanah swah 61,25 hektar, tanah pekarangan 67,45 hektar, tanah tegalan atau perkebunan rakyat 167,89 hektar serta peruntukan lainnya sejumlah 17,67 hektar.

Merupakan daerah pegunungan dengan iklim yang sejuk dengan suhu rata-rata antara 20 sampai 29 derajat celcius dan kelembaban rata-rata 70%-85% serta curah hujan mencapai 3000-3500 mm/tahun.

Desa Melung terbagi atas 4 RW dan 17 RT yang berada dalam dua kepala dusun yaitu dusun I dan dusun II. Dusun I memiliki wilayah Grumbul Depok dan Grumbul Kaliputra, dusun II Grumbul Melung dan Salarendeng. Dengan budaya gotong royong yang masih begitu melekat, Desa Melung dapat berkembang mengikuti jaman.