Melung (16/11),  Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia,  Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng  (BANYUMAS) kembali membuka kelas baru  untuk Kejar (Kelompok Belajar) Paket C Tunas Bangsa  Setara SMA untuk  tahun ajaran 2012/2013.   Sebuah lembaga pendidikan yang dikelola oleh Kelompok Belajar Tunas Bangsa dan Pemerintah Desa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, yang bertujuan untuk meningkatkan dan mencerdaskan sumber daya manusia yang ada di desa.

Disamping untuk membantu masyarakat yang mempunyai keinginan untuk meneruskan sekolah setelah menamatkan pendidikan SMP namun terkendala dengan biaya.  Dalam proses belajar mengajar yang biasanya mengambil waktu dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB, menggunakan ruang aula balai desa “WIDYA MANGGALA” sebagai tempat belajarnya.

Sebanyak 34 warga belajar yang terdaftar atau lebih tepatnya mendaftarkan diri untuk mengikuti proses belajar dan mengajar pada Kelompok Belajar (Kejar) Paket C.  Kebanyakan dari warga belajar adalah anak-anak usia sekolah yang belum mempunyai kesempatan untuk menikmati dunia pendidikan secara formal (SMA).  Bahkan ada beberapa yang sudah bekerja dan juga sudah menikah, dan juga tidak menutup kemungkinan warga disekitar Desa Melung yang ikut menjadi warga belajar.

Pembelajaran yang sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2012,  seperti sekolah-sekolah formal lainnya pada akhir semesteran Kejar Paket C “Tunas Bangsa” juga melaksanakan ujian semesteran yang dilaksanakan tanggal 12 Desember 2012 sampai dengan tanggal 15 Desember 2012 dengan jumlah peserta  sebanyak 34 siswa, baik dari warga desa Melung maupun diikuti oleh beberapa siswa dari luar desa.

“Dengan adanya kelompok belajar ini mudah-mudahan akan memberikan kesempatan kepada anak-anak yang kurang beruntung sehingga tidak bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi selepas lulus dari SMP, dan dengan adanya kelompok belajar ini akan sangat membantu terutama untuk menunda usia perkawinan secara dini, disamping juga untuk lebih meningkatnya sumber daya manusia”  tutur Agung Budi Satrio selaku Kepala Desa Melung.