Tiga Tahun Gerakan Desa Membangun GDM

Gerakan Desa Membangun (GDM) merupakan sebuah gerakan sosial yang menjadi lingkar belajar desa-desa di seluruh Indonesia. Langkah awal dari GDM adalah mengajak desa untuk mampu menyuarakan dirinya sendiri. Karena tidak dapat dipungkiri, selama ini berita arus utama dikuasai berita-berita ibu kota. Sangat jarang memberitakan desa, kecuali ketika ada kejahatan atau bencana di desa.

Melaui internetlah desa-desa ini menyuarakan dirinya sendiri. Pertama adalah desa memiliki situs web. Selanjutnya adalah memanfaatkan sosial media (Facebook, Twitter, dan yang lain) untuk mempromosikan situs web desa tersebut. Salah satu keberhasilan desa bersuara secara umum adalah alamat internet “desa.id” yang merupakan usulan desa untuk mendapatkan identitasnya di dunia internet. Seperti website desa http://pangebatan.desa.id ini.

Desa Pangebatan bergabung dengan gerakan yang diawali dari Desa Melung, kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, pada bulan April 2013. Memenuhi undangan untuk mengikuti lokakarya Desa Membangun di Desa Limpakuwus, kecamatan Sumbang, Banyumas. Sejak saat itu, Desa Pangebatan terlibat aktif untuk bersama belajar dengan desa-desa se-nusantara. Hingga kemudian markas dari gerakan yang di-volunteri relawan-relawan dari berbagai komunitas dan instansi ini pindah ke Desa Pangebatan, kecamatan Karanglewas, Banyumas.

Maka, sudah semestinya Desa Pangebatan selalu mengajak warganya untuk memanfaatkan kesempatan ini. Memanfaatkan Rumah Desa Indonesia yang merupakan rumah belajar bagi desa, untuk menimba ilmu. Baik untuk promosi desa Pangebatan ataupun tata kelola pemerintah desa. Untuk mencapai cita-cita desa Pangebatan yang mandiri. Mandiri untuk menyuarakan dirinya sendiri, mandiri menentukan kebijakan, hingga kemandirian data melalui Sistem Informasi Desa yang juga dikembangkan oleh GDM.

Tanggal 24 Desember 2014, Gerakan Desa Membangun menginjak usianya yang ketiga. Usia muda yang semoga terus berkembang, berkarya dan berbagi. Mengingat ini adalah gerakan sosial yang berdasar kerelaan untuk berbagi. Selamat Harlah GDM. Gerakan Desa Membangun Indonesia  #3thGDM.