http://melung.or.id

Prasetya Budi mantan FK Kec. Kedungbanteng

Keberhasilan sebuah kegiatan khususnya pembangunan dalam bidang PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) tidak lepas daripada para pelaku kegiatan PNPM dan masyarakat itu sendiri.  Pelaku kegiatan dalam hal ini adalah FK/FT,  PJok , Camat,  PL  dan juga UPK  di tingkat kecamatan.  Dalam hal pemberdayaan dan pendampingan khususnya kepada para pelaku didesa seperti KPMD dan TPK tidak terlepas dari peran serta dan keaktifan FK dan FT.

Teringat di tahun 2008 s/d 2011 dimana di Kecamatan Kedungbanteng ada  Prasatio Budi Santoso sebagai FK  dan Avri Widiyaningsih sebagai FT.  Pada saat itu beliau-beliau ini sangat inten dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat di Kecamatan Kedungbanteng, beliau tidak sungkan untuk datang ke desa walaupun sebagian desa di Kecamatan Kedungbanteng berada dipinggir hutan dengan kondisi jalan naik turun dan rusak.  Dalam kondisi apapun ketika masyarakat membutuhkan tenaga dan pikirannya beliau akan datang dengan sesegera mungkin.

Disaat Avri Widiyaningsih, FT Kecamatan Kedungbanteng melalukan Cuti hamil, Prastio Budi S. FK Kecamatan Kedungbanteng dengan segudang pekerjaan beliau tetap mampu melakukan pendampingan dengan sukses hingga FT kembali masuk kerja.   Sebagai FK beliau juga tidak egois, di saat FT sedang kerepotan pekerjaan ia juga mau membantu hingga turun kelapangan (lokasi kegiatan bersama KPMd, TPK)  beliau juga  mampu berbaur dengan masyarakat dan yang jelas merakyat.  Dengan siapapun beliau sangat santun di kenal baik oleh para pelaku PNPM juga oleh masyarakat luas di kecamatan Kedungbanteng.

Melalui bimbingannya kegiatan PNPM yang penuh dengan tahapan dapat berjalan dengan lancar, walau kadang masih ada kekurangan beliau akan dengan sabar membimbing dan mengarahkannya.  Ketika dalam perencanaan pembangunan beliau sangat menekankan adanya partisipatif atau keterlibatan masyarakat baik dalam perencanaan maupun pelaksanaanya.  Karena masyarakatlah yang nantinya akan merasakan manfaat adanya pembangunan, dan sudah barang tentu manakala itu merupakan kebutuhan masyarakat hasil pembangunannya kan dijaga dan dirawat, rasa memiliki “Handarbeni” kalau banyumasannya.

Hingga pada saat beliau pamit pindah ke Kecamatan Pekuncen masyarakat Kecamatan Kedungbanteng merasa keberatan dan juga kehilangan, dengan berat hati para pelaku PNPM Camat, PJok, PL, UPK, Kepala Desa, TPK, KPMD di kecamatan Kedungbanteng pada saat perpisahan melalui Sugeng Handoyo (45) Kepala Desa Keniten menyampaikan harapanya kalau bisa tetap melakukan pendampingan di Kecamatan Kedungbanteng.