IMG20151031161027

Siswa SLTP N 3 Kedungbanteng sedang latihan baris-berbaris

Melung 4 November 2015, SLTP Negeri 3 Kedungbanteng adakan persami pada (31/10) di halaman sekolah. Sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) Negeri 3 Kedungbanteng berada di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Walau berada di desa dan berada di pucuk gunung, dari tahun ke tahun jumlah siswa semakin bertambah.

Persami atau perkemahan Sabtu dan Minggu ini diikuti oleh 91 peserta dari kelas VII. Persami ini bertujuan untuk membangun generasi pramuka di Indonesia pada umumnya dan Banyumas pada khususnya yang memiliki ahlak, budi pekerti dan kepribadian sebagai bekal di masa yang akan datang seperti dituturkan oleh Farid Ahmad Toga (29) yang merupakan Guru BP (Bimbingan dan Penyuluhan) sekaligus Pembina Pramuka di sekolah tersebut.

IMG20151031155918Persami yang diadakan dalam satu malam dua hari dengan dua bentuk kegiatan. Kegiatan didalam ruangan dan di luar ruangan. Untuk kegiatan di dalam ruangan diisi oleh Komunitas Cendana dengan materi pengenalan terhadap lingkungan. Pengenalan terhadap lingkungan beserta dengan potensi sumber daya alam yang ada menjadi hal yang sangat penting agar peserta persami memahami akan pentingnya sumber daya alam yang ada serta bagaimana memanfaatkannya.

Desa Melung memang berada di pinggir hutan dan berbatasan langsung dengan hutan negara, sudah barang tentu banyak potensi sumberdaya alam yang harus dijaga dan dilestarikan demi keberlangsungan hidup.

Sedangkan untuk kegiatan diluar ruangan seperti latihan baris-berbaris, api unggun dan berjalan menjelajahi sekitar sekolah.