TimbulMelung 27 September 2016, Untuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Desa, Pemerintah Desa Melung telah membentuk panitia seleksi rotasi, promosi dan mutasi perangkat desa. Panitia seleksi yang telah terbentuk dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa No. 13 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Panitia Seleksi Rotasi, Promosi dan Mutasi Jabatan Perangkat Desa.

Tugas panitia seleksi rotasi dan mutasi perangkat desa salah satunya adalah menyeleksi calon perangkat desa. Dalam hal penyeleksian rotasi promosi jabatan sekretaris desa, panitia seleksi dalam aturannya mewajibkan semua perangkat desa untuk mengikutinya.

Selain itu semua peserta rotasi promosi jabatan sekretaris desa juga wajib mempresentasikan beberapa materi. Penyampaian materi presentasi juga harus menggunakan media power point slide presentasi . Adapun materinya telah ditentukan oleh panitia, visi dan misi menjadi perangkat desa, mengenal desa sendiri, peraturan perundang-undangan, tugas pokok dan fungsi serta pengetahuan umum. Dalam mempresentasikan materi tersebut peserta diberi waktu kurang lebih 45 menit.

Pemaparan materi nantinya akan dilakukan dihadapan panitia seleksi dan juga warga masyarakat. Setelahnya baik panitia maupun masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya kepada peserta terkait dengan materi yang disampaikan.

Narwin sedang memaparkan materi dalam rangka rotasi promosi jabatan sekretaris desa

Narwin sedang memaparkan materi dalam rangka rotasi promosi jabatan sekretaris desa

Pemaparan itu sendiri akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut, mulai tanggal 28-30 September 2016 mulai pukul 20.00 Wib. Jumlah peserta dalam rotasi promosi jabatan sekretaris desa adalah sebanyak 7 (tujuh) orang, dalam satu kali pemaparan ada yang berjumlah 2 (dua) sampai 3 (tiga) peserta.

“Melalui pemaparan materi ini kami berharap akan mendapatkan sosok seorang sekretaris desa yang mampu dan mempunyai kapasitas dalam menduduki jabatan sekretaris desa” Tutur Kartim salah satu panitia seleksi. “Kami sangat yakin dengan kemampuan perangkat desa, akan tetapi kami sesuai dengan amanah yang telah dibebankan akan memilih yang terbaik dari yang baik”.

Untuk malam pertama (28/9) tampil 3 (tiga) orang peserta yaitu Timbul Yulianto (Kasi Pembangunan), Widi Kurnianto (Kasi KPM) dan Narwin (Kadus II).