Melung 22 Desember 2018, Dalam rangka memperingati hari Ibu Team Penggerak PKK Desa Melung mengadakan pencanangan “GERMAS“. Dalam gerakan masyarakat tersebut diisi dengan kegiatan mengkampanyekan hidup sehat. Antara lain dengan melakukan senam bersama, makan buah segar, pelayanan kesehatan dan pembagian doorprice.

Hadir dalam pencanangan Germas Kader PKK, Posyandu, Lansia, Kader kesehatan, Puskesmas Kedungbanteng, Bidan Desa, serta Forkompinkec Kedungbanteng. Dengan hiburan kentongan. 

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat. Dengan meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

  1. Rajin melakukan aktifitas fisik

Perilaku kehidupan modern seringkali membuat kebanyakan orang minim melakukan aktifitas fisik. Baik aktifitas kerja maupun berolahraga. Kemudahan dalam kehidupan dengan bantuan teknologi dan kurangnya waktu karena kesibukan menjadikan orang untuk menjalani hidup yang kurang sehat.

2. Budaya mengkonsumsi buah dan sayur

Ketersediaan makanan yang serba praktis dan enak seringkali menjadi alasan berkurangnya mengkonsumsi sayur dan buah. Beberapa jenis makanan dan minuman sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya.

3. Melakukan cek kesehatan secara rutin

Salah satu bagian dari arti germas sebagai gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja. Langkah ini dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini.

4. Memberikan ASI

Tuntuan terhadap profesional pekerjaan sehingga melupakan kodrat wanita untuk senantiasa memberikan air susu terhadap anaknya.

5. Meninggalkan asap rokok

Merokok merupakan kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan. Berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat dan akan berdampak tidak pada diri perokok; tetapi juga bagi orang – orang di sekitarnya. Meminta bantuan ahli melalui hipnosis atau metode bantuan berhenti merokok yang lain dapat menjadi alternatif untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

6. Fokus pencegahan Stanting, imunisasi dan TBC

adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.