Desa merupakan bagian yang sangat vital bagi keberadaan bangsa Indonesia karena desa merupakan sebuah bagian terkecil dari bangsa yang mempunyai banyak keragaman.  Keragaman yang apabila disatukan akan menjadi satu kekuatan untuk saling melengkapi satu dan yang lainnya.  Potensi sumber daya alam di setiap desa atau daerah pasti berbeda-beda, yang sayangnya untuk bisa mengenali akan potensi daerah sendiri terkadang kita lupa atau malah tidak dapat melihatnya.

Untuk dapat melihat apa yang menjadi potensi desa kiranya perlu adanya pemetaan produk atau potensi yang bisa dijadikan produk unggulan dalam wilayah desa.  Dan juga pemilihan produk tersebut haruslahproduk yang unik (Langka) sehingga  ketika sudah menjadi sebuah produk memang sebuah poduk unggulan yang  mempunyai nilai tambah yang pada akhirnya makan ampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Desa Melung melalui kelompok tani paguyuban gerakan rakyat gunung (Pager Gunung) telah menetapkan sayuran organik sebagai produk unggulan disamping juga ada agrowisata.   Pemilihan atas sayuran organik untuk dijadikan produk unggulan lebih karena dalam prosesnya menggunakan system yang ramah lingkungan dan bebas dari bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh.  Disamping juga peluang untuk pemasaran sangat bagus karena memang pada waktu itu (2009) sayuran organik belum begitu menjadi trend seperti sekarang.

Sejumlah keuntungan atau manfaat yang bisa dirasakan dari adanya pertanian organik anatara lain :

  1. Ramah lingkungan dikarenakan petani dalam mengelola lahan baik dalam pemupukan maupun penyemprotan menggunakan bahan-bahan yang tersedia secara alami  seperti pupuk kandang atau daun-daunan.  Sehingga dapat dipastikan tidak membunuh mikro-organisme yang ada didalam tanah.  Mikro organisme yang bermanfaat sebagai penggembur tanah akan mati bila menggunakan bahan-bahan kimia yang menjadikan tanah tidak gembur (padat) yang pada akhirnya tidak dapat menyerap air hujan.  Dimana ketika musim kemarau tanah akan terlihat pecah-pecah dan sangat keras.  Dan jika musim hujan air akan cepat sekali menggenang karena tidak banyak air yang terserap oleh tanah.
  2. Pengelolaan yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia menjamin dalam bidang kesehatan disebabkan tidak akan ada racun yang terbawa dalam produk organik.
  3. Keuntungan lain yang didapat adalah biaya produksi bisa ditekan semakin rendah, hal ini karena adanya pupuk yang tersedia begitu melimpah dan bisa dibuat oleh petani.  Bahan-bahannya untuk pembuatan pupuk (kompos) pun mudah didapat, seperti kotoran ternak, daun-daunan dan lain-lain.
  4. Kualitas akan air juga merupakan keuntungan yang bisa di dapat dalam pertanian organik.  Hal ini tidak akan kita dapat semisal kita dala bertani masih menggunakan pupuk kimia, karena dalam proses perawatan zat-zat kimia itu akan terbawa oleh air walaupun jumlahnya sedikit kalau setiap hari mengkonsumsi atau memakainya nantinya akan terkumpul menjadi banyak.

Pada kenyataanya memang pertanian organik adalah sebuah system yang banyak mempunyai keuntungan baik bagi lingkungan maupun untuk manusia.  Akan tetapi karena memang kerusakan atas lingkungan yang sudah begitu parah sehingga untuk membenahinya membutuhkan waktu, ketelatenan, dan tekad yang kuat.  Disamping juga karena kita sudah terbiasa dengan hal yang serba praktis (cepat) seperti dalam menggunakan pupuk kimia kita tinggal membeli tanpa harus mengolah terlebih dahulu.  Hal inilah kiranya yang perlu di dorong agar kelestarian akan lingkungan bisa kita jaga untuk kita wariskan kepada generasi selanjutnya. Belum lagi kalau melihat hasil dari pertanian organik, karena pada umumnya hasilnya tidak akan sebagus tanaman yang non organik.  Yang secara otomatis bagi yang belum mengetahui manfaat sayuran organik akan sungkan untuk mengkonsumsi apalagi untuk membelinya.