Kunjungan Pemkab Pemalang

Minggu pagi 3 Nopember 2013 cuaca cerah diwilayah Desa Melung.  Suasana tenang , lengang dan damai menandakan ciri khas kehidupan desa yang berada dilereng Gunung Slamet. Namun keadaan menjadi berbeda ketika ada deru suara mobil yang berdatangan kurang lebih sepuluh mobil satu persatu berderet parkir dilapangan Desa Melung.  Serombongan tamu dari Kabupaten Pemalang yang datang ke Desa Melung.  Mereka ingin mengenal dan tahu bagaimana Desa Melung menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di desa.

Para tamu dari kabupaten Pemalang itu terdiri dari SKPD ( satuan kerja perangkat daerah ) yang dipimpin oleh Asisten II Pemkab, Pemalang, ada FASKAB PNPM, PJOK Kecamatan 14 orang, Kasi PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa ) dan FK kecamatan se Kabupaten Pemalang.

Disambut oleh Kepala Desa Melung Khoerudin dan didampingi oleh beberapa rekan perangkat, dan tak ketinggalan pula ada A. Budi Satrio juga ada disana. Mereka terdiri kurang lebih ada 30 orang laki – laki dan perempuan. Acara berlangsung secara sederhana berbincang mengenai bagaimana sejarah awal berdirinya website / portal desa, siapa yang menggagas, siapa yang mengelola dan lain sebagainya, serta saling saring. Setelah cukup banyak yang diperbincangkan, ada salah seorang yang mengusulkan / berkeinginan untuk diadakanya pelatihan dikabupaten Pemalang sebagai kebutuhan. Kebutuhan pelatihan untuk penyadaran bagi para pelaku PNPM ditingkat Desa agar mereka berdya Visi kemanusiaanya. Visinya bukan pada ruang mata tapi pada ruang hati kita kata salah seorang tamu.

Dari salah seorang Heru namanya juga memberi masukan untuk website/portal Desa Melung untuk lebih melengkapi monografinya yang lebih komplit dan ditambah lagi dengan potensi potensinya yang ada. Dan dari Asisten dua ingin dan berharap desa Melung untuk bisa berbagi ilmunya kepada kabupaten Pemalang serta akan segera membuat Desa Percontohan yang minimal satu kecamatan satu Desa dulu.  Untuk membuat website / portal Desa.

Setelah dirasa cukup apa  yang didengar dan dilihat tentang desa Melung mereka pun berpamitan untuk pulang ke daerah mereka yaitu kabupaten Pemalang. Satu persatu mereka memasuki mobil masing masing, mobilpun meninggalakan Desa Melung, cuaca masih tetap cerah suasanapun kembali kembali sepi, lengang dan hening kembali seperti sedia kala. Selamat jalan, selamat mencoba dan meniru apa yang ada di desa Melung dalam pengelolaan website / portal desa yang berkelanjutan.