Kopilung atau singkatan dari Kopi Melung merupakan salah satu produk unggulan di Desa Melung. Berangkat dari adanya PKH (program keluarga harapan) yang merangkul ibu-ibu untuk mengolah kopi yang ada di Desa Melung.

Kopilung dicetuskan oleh Rohmat (Pembina PKH) Desa Melung, saat itu beliau mencoba menggali potensi yang ada di Desa Melung dan menemukan kopi yang mayoritas gampang ditemukan di lahan perkebunan dataran tinggi seperti Melung. Kopilung merupakan salah satu jenis kopi robusta yang sangat banyak diminati oleh pecinta kopi.

Pemasaran kopilung saat ini masih tradisional dengan menitipkan produk kopilung pada pusat oleh-oleh dan mengikuti pameran-pameran kopi di beberapa kota, seperti di Wonogiri yang akan dilakukan pada bulan September ini.

Dalam rangka kegiatan program KKL Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto tahun 2019 ini membantu mengembangkan pemasaran produk kopilung secara modern yaitu dengan memanfaatkan media internet (online) dan membuatkan video promosi kopilung.  Tujuannya agar kopilung dapat dikenal hingga luar daerah dan pecinta kopi di luar daerah dapat menikmati kopilung tersebut. Inovasi kedapaannya adalah pembangunan tempat wisata kopi (Kebun Kopi).