Ilustrasi gambar egrang

Melung 9/2/13,  Egrang adalah alat permainan tradisional yang terbuat dari 2 batang bambu dengan ukuran selengan orang dewasa, sedangkan untuk tumpuan bawah bambunya agak besar.  Permainan Egrang sendiri sudah ada sejak dahulu kala dan merupakan permainan yang membutuhkan ketrampilan dan keseimbangan tubuh.  Anak – anak sekarang hanya beberapa orang anak saja yang mngenal dan mengerti Egrang, kalau ditanya sebagian besar anak anak menjawab tidak tahu adanya jenis permainan tradisional ini.

Bisa sangat dimaklumi karena memang anak jaman sekarang sudah mulai berganti dari permainan tradisional ke permainan yang dianggap lebih modern yang kebanyakan permainan elektronik.

Aan Kristianto (10) adalah salah salah satu dari sekian ribu anak yang masih beruntung mengenal dan bisa bermain Egrang, ketrampilannya mempermainkan egrang tidak diragukan lagi.  Bersama dengan rekan sebayanya biasanya Aan bermain egrang di halaman rumah dan sering menunjukan atraksi yang mengagumkan, tak jarang bahkan adu balap. Aan mengenal dan mengerti egrang dari ayahnya yang dengan telaten membuatkan, mengenalkan, dan mengajari serta melatih anaknya untuk bisa bermain Egrang.  ”Karena saya pikir dengan permainan ini disamping sangat murah, kalau rusak juga bisa untuk bahan bakar.  Dan lebih dari itu permainan egrang sangat membantu dalam perkembangan anak terutama dalam hal keseriusan, kehati-hatian dan juga ketrampilan” Begitu Tarno yang merupakan ayah Aan menjelaskan

Permainan Egrang sendiri entah darimana dan sudah sejak dahulu sudah ada, dan siapa penciptanya mereka hanya mengenal dari turun temurun dari orang tua tua dulu. Anak – anak dizaman sekarang ini adalah anak  Zaman Milenium yang pemikiran dan permainanya yang sudah canggih dengan permainan Elektronik, dengan Game on line  maupun lewat internet, dan sekarang ada jenis yang baru lagi apa itu namanya Android apa apalah, yang isi permainanya sangat sangat banyak dengan berbagai macam .

Permainan Egrang sendiri sangat unik  karena sangat dibutuhkan ketrampilan dan keseimbangan tubuh bila menaikinya, makanya tidak semua orang baik orang dewasa maupun anak anak bisa bermain Egrang. Bentu Egrang disesuaikan dengan pemakainya sesuai dengan umur si pemakai, bila yang bermain orang Dewasa  maka pembuatanya pun panjang dan tinggi, sedangkan untuk anak anak bentuk dan ukuranya pun pendek.

Nah siapakah diantara pembaca yang memang belum pernah melihat dan bermain Egrang ?

,