Setelah proses selama bertahun-tahun akhirnya Masjid Jami Al Mutaqin Kaliputra Desa Melung selesai. Ppembangunan masjid di Kaliputra Desa Melung berjalan lumayan lama dari tahun 2007 dan baru selesai di tahun 2013 ini merupakan rehab yang ke tiga kalinya dengan rehab total.

Pembangunan masjid (rehab) tersebut dilaksanakan oleh panitia yang diketuai oleh Kuseni,  dengan anggaran dan biaya dari Swadaya Masyarakat Desa Melung, pembangunan dilaksanakan secara bertahap dengan menyesuaikan keadaan keuangan maupun dana yang ada.

Dengan rentang waktu yang cukup lama, kurang lebih selama 6 tahun maka pada tanggal 17 Agustus 2013 hari sabtu malam minggu bertepatan dengan HUT RI ke 68 , bertempat di Masjid Jami AL Mutaqin Kaliputra Desa Melung pukul 21.00 wib dilaksanaka peresmian Masjid Jami Al Mutaqin yang diresmikan oleh Kepala Desa Melung Khoerudin 41 thn.

Dilanjutkan dengan acara halal bihalal dan pengajian yang diisi oleh ” GUS ABROR” dari Langgongsari Kec. Cilongok.  Acara berjalan dengan lancara dari pembacaan ayat suci AL Qur”an , sholawat,Tahlilan, sepatah kata dari penyelenggara serta pengarahan dari Imam Masjid Suwandi, yang mengajak para muslimin / muslimat Desa Melung bersama sama merawat dan menjaga serta memanfaatkan masjid yang telah dibangun untuk menghidupkan masjid dengan selalu sholat berjamaah bersama.

Pada acara inti pengajian / tausiyah dari Gus Abror dianataranya ” Jadilah orang yang selalau Bahagia ,bagaimanakah sebenarnya orang yang selalu bahagia ? yaitu orang yang selalu bersyukur, dan tidak kufur nikmat, tidak neka- neka / werna- werna dengan menata hati dan pikiran, tidak ngresulah / mengeluh “.Orang dijaman sekarang banyak yang merasa kebahagiaan seperti fatamorgana yang karena kurang banyak bersyukur.

Dengan telah selesai dan diresmikanya Masjid Jami Al Mutaqin Kaliputra Desa Melung lewat Panitia / masyarakat Desa Melung mengucapkan beribu ribu terima kasih kepada semua pihak  / siapapun dimanapun berada yang telah membantu gotong royong, swadaya, donatur atas sumbangsihnya atas terwujudnya pembangunan Masjid Jami Al Mutaqin Kaliputra Desa Melung, dan sangat berharap dan mendoakan menjadikan amal ibadah yang baik  serta bermanfaat bagi semuanya saja.