melung.desa.id

Upacara Kemerdekaan Republik Indonesi ke 70

Melung 17 Agustus 2015, Dengan “Semangat Kemerdekaan” masyarakat desa Melung menunjukan “rasa cinta tanah air” melalui berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempererat dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga. Kali ini pemerintah desa dan warga mengadakan karnaval keliling desa dengan berbagai kreativitas. Setiap RW memperlihatkan masing-masing kreativitasnya dengan tema yang berbeda-beda. RW 1 memperlihatkan kreativitas dengan iringan bertema kepemudaan, RW 2 dengan perjuangan, RW 3 dengan musik kentongan dan hasil pertanian organik, serta RW 4 dengan perjuangan dan sejarah melalui foto tokoh sejarah. Hal ini tentu saja menunjukan bahwa rasa nasionalisme warga yang sangat membara dibuktikan dengan banyaknya peserta karnaval.

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dimulai dari arak-arakan penampilan tiap RW menuju Lapangan Balai Desa Melung. Dilanjutkan dengan upacara kemerdekaan yang hikmat dan pengumuman perlombaan tingkat desa. Setelah itu, karnaval dimulai dari lapangan Balai Desa Melung mengelilingi desa. Selain acara tersebut, warga juga bergotong-royong membenahi desa dengan acara kebersihan lingkungan. Kemudian diberbagai tempat warga berinisiatif mengadakan berbagai perlombaan dari panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan lain-lain.

Kemeriahan perayaan kemerdekaan tidak sampai disitu, mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman 2015 mengadakan beberapa rangkaian kegiatan seperti “Nonton Bareng” dan “Jalan Sehat”. Kegiatan “Nonton Bareng” yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Melung yang diikuti hingga 300 penonton memberikan sajian edukasi kepada masyarakat dan menampung aspirasi masyarakat melalui diskusi dengan mahasiswa. Selain menjadi ajang hiburan bertema edukasi, mahasiswa bermaksud untuk memberikan wawasan umum kepada masyarakat mengenai pentingnya pendidikan dan mampu kritis terhadap setiap tantangan yang dihadapi. Keesokannya dilanjutkan dengan agenda “Jalan Sehat” dengan berbagai doorprise. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai sarana penyatu warga agar saling memperkuat tali silaturahmi dan partisipasi dalam menyambut hari Kemerdekaan Indonesia.

Harapannya, pasca perayaan ini warga dapat meningkatkan rasa cinta terhadap negara yang dapat dibuktikan dengan memajukan atau mengembangkan potensi yang ada di desa Melung. Semoga warga desa Melung semakin maju dan mampu menunjukan eksistensinya serta meningkatkan berbagai prestasi dengan sejuta potensi yang ada.

DIRGAHAYU INDONESIA, JAYA SELALU INDONESIAKU..!!!

Penulis : Rizqi Firmansyah