Foto Dokumen Mufid Majnun

Berawal dari kepeduliaanya terhadap lingkungan Narwin ( 39 ) mengabdikan dirinya menjadi seorang relawan yang bergerak dalam bidang lingkungan. Berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan dijalani tanpa pamrih. Semua yang dilakukan semata-mata karena keadaan, lokasi tempat tinggal yang berada di lereng Gunung Slamet bagian Selatan. Sebuah dataran pegunungan yang merupakan daerah penyangga tata air di Desa Melung khususnya dan Kabupaten Banyumas pada umumnya.

Selain sebagai daerah penyangga tata air, Gunung Slamet yang kaya akan sumber daya alam juga sebagai habitat beberapa satwa yang dilindungi seperti Elang Jawa, Owa Jawa, dan juga Rekrekan. Melihat begitu pentingnya sumber daya alam tersebut serta ketergantungan masyarakat Desa Melung khususnya maka dirasa sangat perlu untuk memperlakukan hutan dan sumber daya alam secara arif dan bijaksana agar hutan tetap lestari.

Pengabdiannya dalam mendampingi masyarakat dalam pengelolaan hutan dilakukan sejak tahun 2002 sampai sekarang. Maka tidaklah heran kemudia Narwin yang juga merupakan Kepala Dusun II di Desa Melung terpilih sebagai jura I PKSM di tingkat Kabupaten Banyumas, saat ini masuk nominasi di tingkat Propinsi. Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) adalah orang yang berjasa dalam melestarikan hutan dan lingkungan, secara swadaya menggerakkan serta memotivasi masyarakat serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan kehutanan.

Dalam melakukan kegiatannya sebagai seorang relawan dalam bidang lingkungan Narwin kerap bekerjasama dengan berbagai lembaga baik dengan instansi pemerintah maupun lembaga non pemerintah. Bapeluh, Dinperhutbuntan dalam pelaksanaan Gerhan dan KBR, Dinakkan dalam bidang usaha ternak dan perikanan, Perhutani dalam pengelolaan hutan (LMDH), Universitas Jendral Sudirman dalam bidang ketrampilan masyarakat khususnya Pertanian Organik. Dalam bidang penghijauan lingkungan pernah juga bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT), Kanopi, seta Indonesia Power. Memotivasi kepedulian pelestarian sumber daya alam dan hutan serta kegiatan penghijauan bersama pelajar mulai dari SD, SLTP, SLTA dan juga perguruan tinggi.

Pengamatan dan monitoring satwa juga menjadi bagian kegiatan Narwin dalam upaya melestarikan lingkungan, bekerjasama dengan BKSDA dan Biodiversity Society yang rutin melakukan monitoring dan pengamatan di lereng selatan Gunung Slamet. Pelepasliaran Elang Jawa bersama dengan Suaka Elang.

Narwin berharap sangat berharap agar masyarakat di lingkungannya bertambah pengetahuan, ketrampilan dan sikap terhadap pengelolaan hutan yang akan berdampak pada kwalitas sumber daya alam, dan kemandirian masyarakat.