Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unsoed Purwokerto

Selasa, 28 Juli 2015 mahasiswa Universitas dari berbagai fakultas telah datang di Desa Melung dalam program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) periode bulan Juli-Agustus 2015. Tahun ini Unsoed mengirimkan 2 kelompok KKN-PPM yaitu bidang Pertanian Terpadu dan Perikanan dengan jumlah total mahasiswa 34 mahasiswa. Penyambutan mahasiswa unsoed dilaksanakan di aula Desa Melung dan langsung disambut hangat oleh Khaerudin S.Sos selaku kepala Desa Melung beserta perangkatnya.  Mahasiswa yang didampingi oleh Indah Widyarini S.P., M.Sc. selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapang) dalam sambutannya beliau berharap mahasiswa melalui program KKN ini dapat meningkatkan dan menggali potensi yang ada di Desa Melung serta.

Peran aktif masyarakat dan kontribusi mahasiswa menjadi faktor penentu utama indikator keberhasilan dari setiap program yang dicanangkan. Melihat potensi yang ada mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Melung. Potensi dibidang pertanian menjadikan desa Melung mendapat sorotan utama. Program kerja pertanian terpadu mengutamakan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan Pertanian yang berbasis kearifan lokal dan keberlanjutan dimasa mendatang.

Salah satu program tersebut yaitu penerapan sayuran organik yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas serta harga jual yang yang tinggi. Potensi lain yang akan digali yaitu penderes nirah (pembuat gula kelapa) yang secara tersirat ternyata terdapat di Desa Melung. Pengolahan gula kelapa cetak diusahakan masyarakat dapat beralih ke gula kristal yang memiliki harga lebih tinggi. Penderes akan diberi pelatihan dan bimbingan serta penyaluran produk yang berkaitan dengan pemasaran dan pembentukan kelompok penderes.

Bidang perikanan tak luput dari pandangan luar terhadap Desa Melung, kelompok KKN-PPM Bidang Perikanan akan menggali potensi yang dimiliki seperti penerapan kolam terpal pada budidaya ikan dan perbaikan saluran air. Terdapat program lain tiap kelompok baik Pertanian Terpadu dan Perikanan yang akan diberikan kepada masyarakat. semoga dengan adanya KKN-PPM tahun 2015 dapat meningkatkan potensi, kemampuan dan penghasilan masyarakat Desa Melung.

Penulis : Rizqi Firmansyah