melung.or.id

Ibu Hamil

Ibu hamil di era sekarang ini sangat di prioritaskan dan di utamakan kesehatannya oleh Pemerintah dengan tujuan untuk menekan angka Kematian ibu maupun bayi lahir.  Untuk mensosialisasikan kesehatan tentang ibu hamil maka diadakan kelas untuk Ibu hamil.   Agar Ibu dan anak lahir sehat sejak dalam kandungan, maupun dalam proses kelahirannya.    Di Desa Melung sendiri sudah lama terbentuk kelas ibu hamil dan sudah berjalan beberapa kali pertemuan, bahkan di tanggal 30 Nopember 2012 telah dikunjungi tamu dari Bidan se-Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen, dalam rangka untuk belajar bersama.

Pada pertemuan kelas Ibu Hamil kemarin tgl 14 Desember 2012 bertempat di Balai Desa Melung  juga dihadiri dari IAI ( ikatan Apoteker Indonesia ) Pengurus Cabang Kabupaten Banyumas Nuryanti memberikan sosialisasi kepada para ibu hamil dan kader- kader tentang ” DA-GU-SI-BU ” yaitu : DA dapatkan obat dengan benar, GU gunakan obatdengan benar, SI simpan obat dengan benar, BU buang obat dengan benar.  Bagi ibu hamil tidak boleh sembarangan meminum atau mengkonsumsi obat.  Bila meminum obat harus sesuai dengan ketentuan bagi ibu hamil, karena apabila sembarangan minum obat akan berakibat tidak baik bagi bayi atau janin yang ada di dalam kandungan.  Dan yang lebih fatal lagi bisa mengakibatkan kematian dua- duanya. Menurut ibu Nuryanti ” Obat sebagai penyembuh dan juga bisa menjadi Racun bagi Pengguna ” bila diminum sesuai anjuran,  petunjuk dan aturan yang terdapat dalam kemasan akan menjadi penyembuh, dan akan mengakibatkan kematian bila sembarangan mengkonsumsinya, makanya disetiap Apotik pasti bergambar  cawan dan ular.

Para ibu mendengarkan dengan seksama dan dilanjutkan pula dengan sesi tanya jawab, salah seorang peserta ibu hamil, Darwati (24) yang sedang hamil anak pertama, menanyakan apa saja manfaat obat obatan bagi ibu dan bayinya?  karena setiap memriksakan kehamilannya diberi pil besi ( tambah darah ), calsium, dan vitamin- vitamin.  Pertanyaan pun dijawab dengan mudah oleh  Nuryanti yang dalam hal obat obatan sudah mahir sekali sebagai seorang Apoteker.   Zat besi / tambah darah sangat bermanfaat / penting bagi ibu hamil agar disaat melahirkan bayi tidak mengalami Anemia ( kekurangan darah apabila melahirka terjadi pendarahan ), Calsium sangat penting bagi pembentukan tulang untuk si bayi dan untuk kekuatan tulang bagi si ibu, sedangkan vitamin seperti B 6dan B1 serta B 9 ( asam Folat ) sangat penting untuk mencegah kecacatan pada bayi .

Ibu Ibu hamil mendengarkan dan menyimak dengan penuh perhatian sehingga tanpa terasa waktu telah menunjukan pukul 11.30 WIB kebetulan karena pertemuan bertepatan dengan hari Jum’at  sehingga acara kelas ibu hamil diakhiri.  Apa-apa yang telah dipaparkan oleh Nuryanti selaku petugas dari apotik (IAI) dan bidan Wijiana tentang bagaimana mendapatkan obat, menggunakan obat, menyimpan  obat, dan membuang obat dengan benar bagi para ibu hamil maupun yang tidak sedang hamil.