Minggu, 15 September 2019, Dewan Penggalang (DP) SMP N 3 Kedungbanteng adakan Gerak Bersih Lingkungan Sekolah.

Sekolah adalah lembaga atau tempat yang digunakan untuk mencari ilmu atau belajar. Dalam menopang aktivitas belajar agar lebih maksimal maka sebuah sekolahan itu harus benar-benar terjaga Kebersihannya.
Sadar akan hal itu dewan penggalang SMP N 3 Kedungbanteng mengadakan kegiatan bersih lingkungan sekolah.

Kegiatan ini, diikuti 55 Dewan Penggalang SMP N 3 Kedungbanteng, pembina dan pelatih pramuka. Ungkap Kak Puji Lestari S.Pd selaku pelatih pramuka.

Kegiatan dimulai dengan apel pembukaan, olahraga pagi kemudian dilanjut bersih lingkungan.

Dalam sambutannya, kak Puji menegaskan akan kesadaran Pramuka terhadap pentingnya peduli lingkungan, terutama sampah plastik.

“Satu anak didik minimal dalam sehari memproduksi 5-7 sampah plastik dari bungkus jajan, bayangkan jika 500 anak didik dalam satu sekolahan ini melakukan hal yg sama, kemudian bayangkan jika 500 anak didik di semua sekolah yg lain melakukan hal yang sama, berapa jumlah plastik yang kita produksi secara jamaah dalam satu hari?
Tegas pertanyaan beliau.

Setelah mendapat arahan dan pengetahuan pengelolaan tentang sampah plastik, Dewan Penggalang bahu membahu membersihkan lingkungan sekolah, mulai dari halaman, kebun, jalan raya sampai selokan dekat pangkalan.

“Harapanya, setelah kegiatan ini selesai adik adik mulai menciptakan sadar diri akan bahaya sampah plastik dan lebih bijak dalam penggunaan plastik ” imbuhnya