Awal kedatangan di Desa Melung melihat suasana Desa ini biasa saja seperti di desa-desa pada umumnya. Namun setelah Pak Soim selaku Sekretaris Desa menjelaskan bahwa di Desa Melung banyak potensi yang bisa dikembangkan. Desa ini salah satunya terkenal dengan Desa IT (Ilmu & Teknologi) & Kopi Luwak. Desa IT ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mengakses internet & mempermudah untuk mendapatkan informasi-informasi yang ingin di akses. Ada 5 titik antena omni(Radio Frekuensi)di Desa Melung yaitu, di : (1). Kantor Kepala Desa. (2). SMP Negeri 3 Kedungbanteng dan SD Negeri Melung (3). Rumah Pak Budi (4). Rumah Bu Lastri  (5) .Rumah Pak Timbul dan (6) Rumah pak Narwin

Desa Melung juga mempunyai website /portal (http://melung.or.id) semua data yg berada di Desa Melung ada di website dari mulai Berita,info orang-orang Desa Melung, potensi yang bisa dikembangkan. semua ada di website  sehingga menarik orang luar negri untuk datang mempelajari keunikan Desa Melung.

Warga yang tadinya hanya berburu Luwak sekarang sudah bisa memanfaatkan luwak tersebut menjadi mata pencaharian mereka. Salah satunya Pak Narwin bisa mengembangkan usaha kopi luwak yang tadinya hanya mengandalkan usaha pertanian sekarang mendapatkan keuntungan dari kerja sampingannya & sampai sekarang usahanya pun bertambah maju. Pendapatan perkilonya berkisar Rp.80.000 cukup lumayan untuk menghidupi keluarganya.

Diulis oleh : Aditya Nugroho dari SMK Panca Bhakti Banjarnegara