Melung 22 April 2018, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi Islam yang mempunyai kewajiban untuk mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi. Salah satu isi Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian pada Masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 41 ini mempunyai tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Agama”, dengan tema tersebut, diharapkan mahasiswa IAIN Purwokerto dapat mengamalkan salah satu isi dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

Salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh KKN Angkatan 41 di Desa Melung dalam melaksanakan kewajiban KKNnya yaitu mengadakan Pengajian Hari Besar Islam Isra’Mi’raj yang dilaksanakan pada hari Minggu, 14 April 2018.

Acara dimulai dengan penampilan Hadrah dari anak-anak IPNU Desa Melung, kemudian dilanjut dengan acara pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qu’an oleh Saudara Chafid, dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Subanul Wathan. Sambutan-sambutan disampaikan yang pertama oleh ketua panitia pengajian Isra’Mir’aj oleh Fatkhur Rahman dan sambutan yang kedua dibawakan oleh Kepala Desa Melung yang diwakili oleh Sekretaris Desa Melung, Timbul Yulianto, acara dilanjutkan dengan Tahlil bersama warga Melung yang dipimpin oleh Ustadz Soim Fatkhurrohim.

Setelah tahlil selesai, acara selanjutnya yaitu acara inti yang dibawakan oleh K. H. Ali Ngimron dari Pageraji. Tema yang dibawakan oleh beliau yaitu mengenai Isra Mi’raj Nabi Muhammad saw. menjelaskan tentang perjalanan nabi dalam menerima perintah sholat 5 waktu, 6 hukuman bagi bagi orang yang meninggalkan sholat di di dunia, serta 5 anugrah bagi orang yang menjaga sholatnya.

Diharapkan dengan diadakannya pengajian ini dapat memberikan semangat kepada warga Melung untuk dapat menghidupkan masjid-masjid yang ada di daerah Melung serta dapat menjaga sholatnya.

Lia Imroatul Mufidati (FTIK / Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)