Setiap tahun ajaran baru, sekolah dimanapun dan jenjang apapun pasti malakukan penerimaan siswa baru. Seperti halnya SMP N 3 Kedungbanteng, yang pada hari ini Senin (1/7) melakukan penerimaan siswa baru.

Hari ini merupakan hari pertama penerimaan siswa baru, untuk diterima menjadi siswa di SMP N 3 Kedungbanteng. Sofi Alfiatun selaku operator PPDB (penerimaan peserta didik baru) on-line dalam bincang-bincang menyampaikan bahwa waktu penerimaan siswa baru akan dilakukan selama 4 (empat) hari.

Hari pertama penerimaan siswa baru sampai dengan saat tulisan ini dibuat sudah mencapai 95 siswa yang mendaftar. Dari sejumlah siswa yang sudah mendaftar sebagian dari lulusan SD N Melung, sementara sebagian lagi dari siswa lulusad SD luar Desa Melung. Seperti Desa Windujaya, Kalikesur, Kutaliman dan juga dari Desa Ketenger.

Target penerimaan siswa baru di SMP N3 Kedungbanteng pada tahun ajaran 2019-2020 adalah 96 orang siswa, seperti disampaikan oleh Agus Setiadi, SPd, MPd yang merupakan Kepala Sekolah SMP N 3 Kedungbanteng.
Sementara itu tingkat kelulusan pada tahun ini mencapai 100% (seratus persen). Pada kelulusan siswa pada tahun ini sebanyak 90% (sembilan persen) melanjutkan ketingkat pendidikan yang lebih tinggi. Secara grafik ada peningkatan dibanding tahun lalu yang hanya 88% yang melanjutkan ke SLTA, baik negri maupun swasta.

Harapan adanya sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Desa Melung, menjadi impian besar dimasyarakat. Faktor biaya transportasi menjadi salah satu munculnya harapan tersebut. Untuk saat ini sekolah lanjutan tingkat atas terdekat berada di Rempoh yang masuk dalam wilayah Kecamatan Baturraden.