Suasana Pemilihan Ketua RW

Melung 14 Oktober 2014, Ada berbagai macam cara untuk menentukan seorang pemimpin, baik melalui pemilihan langsung maupun secara tidak langsung. Pemilihan tidak langsung artinya bisa diwakilkan kepada yang diberi kuasa atau mandat untuk memilih. Sudah barang tentu yang diberi kuasa atau mandat untuk memilih akan memilih sesuai dengan keinginan yang ada dihatinya. Dan memilih secara langsung, artinya masyarakat atau pemilih bisa memilih sesuai dengan kehendaknya. Begitu pun yang dilakukan masyarakat Grumbul Salarendeng, Desa Melung yang telah mengadakan pemilihan langsung untuk Ketua RW dan pengurus RW.

Pemilihan Ketua RW yang dilakukan pada Selasa malam (14/10)  diikuti oleh 97 pemilih dari 100 pemilih. Pada pemilihan Ketua RW  ada aturan yang telah disepakati bersama bahwa untuk pemilih adalah dari masing-masing Kepala Keluarga (KK). Jika yang bersangkutan (KK) sedang bekerja diluar daerah dan tidak bisa pulang maka hak pilihnya diserahkan kepada anggota kelauarga, bisa istri maupun anaknya. Adapun teknis pelaksanaanya adalah masing-masing KK diberi semacam kertas suara dimana di kertas suara tersebut tercantum nama-nama calon Ketua RW tanpa adanya gambar calon Ketua RW.

Memasukan surat suara

Sehabis Shalat Isya masyarakat berkumpul kemudian panitia menyiapkan semacam tong untuk tempat (kotak) suara, karena sebelumnya panitia sudah membagikan kertas suara yang dibungkus dengan amplop. Kemudian amplop yang berisi surat suara itu dimasukan kotak, mirip orang kondangan pada acara hajatan. Sementara para kandidat Ketua RW duduk didepan (bukan dipanggung) hanya hamparan tikar dan karpet yang didepannya berisikan kotak suara. Setelah menyerahkan atau memasukan surat suara kemudian masyarakat duduk melingkar sambil menunggu acara penghitungan.

Adapun kandidat untuk calon-calon ketua RW adalah perwakilan dari rukun tetangga (RT) yang ada diwilayah RW IV Salarendeng. Suryadi dipercaya sebagai kandidat dari RT 01 kemudian Sudarno merupakan kandidat dari RT 02 serta Danang Sukio mewakili RT 03.

Sebelum dilakukan penghitungan surat suara yang masuk dihitung terlebih dahulu, dari 100 surat suara yang dibagikan sampai dengan penutupan pemilihan terdapat 97 surat suara. Setelah dilakukan penghitungan surat suara Danang Sukio terpilih menjadi Ketua RW dengan perolehan suara sebanyak 74 suara. Sementara Sudarno mendapat 17 suara dan Suryadi memperoleh 6 suara.

Sebagai kandidat terpilih Danang Sukio langsung diminta untuk memberikan sambutan dihadapan masyarakat RW 04 Salarendeng. “Saya sungguh tidak habis pikir orang seperti saya dijadikan Ketua RW, yang kalau boleh jujur bahwa Ketua RW merupakan simbol seorang yang dituakan dalam lingkungan Grumbul apa ini tidak salah, karena saya masih bodoh. Akan tetapi karena ini merupakan pilihan dari masyarakat maka amanah ini akan saya jalani semampu saya. Saya juga mohon do`a restu dari masyarakat agar saya dapat melaksankan tugas yang dibebankan kepada diri saya semoga bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita bersama. Terakhir saya hanya ingin meminta kepada masyarakat RW 04 untuk bertanggungjawab karena telah memilih saya, bentuk tanggungjawab itu bisa diwujudkan dengan saling menjaga nilai gotong royong dan selalu guyub rukun didalam maupun diluar” . Sambutan yang disampaikan dalam bahasa Banyumas (ngoko) membuat suasana makin semedulur. Acara pemilihan Ketua RW diakhiri dengan penyerahan stempel oleh Kepala Dusun II (Narwin)