Darkam Peternak Lebah Madu

Binatang Lebah madu termasuk binatang yang mematikan, walaupun mematikan hewan lebah ada manfaat di dalamnya. Hewan lebahtergolong atas beberapa jenis diantaranya lebah hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), dan lebah unggul (Apis mellifera). Lebah madudibudidayakan pada mulanya di daratan Eropa. Lama-lama menyebar di seluruh dunia akhirnya sampailah ke Indonesia juga.

Membudidayakan lebah madu tidaklah gampang, anda bisa belajar dari sekarang bagaimana cara-cara untuk membudidayakannya. Membudidayakan lebah madu butuh pemilihan bibit lebah yang unggul dan banyaknya koloni tempat lebah madu, minimal 100 buah kotak agar madu yang dihasilkan lebah bisa semakin besar. Lebah madu bila dibudidayakan dengan tepat dan benar hasil pun akan lumayan banyak.

Blogiztic.net di artikel ini akan menerangkan bagaimana, cara, tips, dan panduan merawat serta membudidayakan lebah madu yang benar dan tepat sebagai berikut.

Ciri-ciri bibit lebah madu kualitas super:– Mempunyai Ratu lebah yang secara fisik bagus dan berusia antara 3 bulan sampai 1 tahun- Jumlah dan kwalitas telor yang dihasilkan Ratu lebah banyak- Hasil panen lebih banyak baik hasil madu, bee pollen, royal jelly dan propolis- Larva lebah yang dihasilkan lebih segar- Lebah biasanya lebih agresif

Peralatan Beternak Lebah Madu:– Kotak lebah, tempat koloni lebah madu terbuat dari kayu Suren atau Mahoni- Alat pengasap untuk menjinakan lebah madu yang agresif- Masker pelindung serangan lebah madu- Pengungkit sisiran- Sikat sisiran lebah madu- Sisiran yang terbuat dari rangka kayu dan ditengahnya diberi kawat sebagai penahan landasan sarang lebah madu

Penggembalaan Lebah Madu:– Antara bulan Mei hingga September adalah masa dimana peternaka lebah menggembalakan lebah madunya ke perkebunan-perkebunan yang menyediakan pakan lebah madu cukup banyak.- Peternak lebah madu di pulau Jawa umumnya mengembalan lebah madu ke perkebunan Karet, Kapuk, Rambutan, Lengkeng, Mangga, Kopi dan Duwet . sehingga dihasilkan Madu berdasarkan spesifikasi jenis bunga.- Antara bulan Mei hinga September inilah saat di mana peternak lebah madu menikmati manisnya pendapatan dari hasil lebah madu seperti madu dari berbagai jenis bunga, Bee pollen dan Royal jelly.- Setelah bulan September peternak lebah madu mengalami masa paceklik, dimana musim madu telah lewat. Untuk menutupi biaya perawatan lebah madu maka umumnya peternak mengembalakanya lebahnya ke perkebunan jagung, disini peternak lebah madu dapat menghasilkan Bee pollen jagung dan Royal jelly.

sumber :  Blogiztic.net