Foto: kerja bakti petani sayur organik penataan lahan..Dalam rangka memberikan rasa nyaman terhadap para pengunjung, petani sayur organic yang tergabung dalam kelompok pager gunung Desa Melung mengadakan pembenahan lahan.  Kegiatan penataan lahan ini adalah bagian dari evaluasi lahan yang dilakukan pada minggu kemarin.  Dalam penataan lahan yang diikuti oleh semua anggota petani sayur oranik lebih diprioritaskan dalam pembuatan jalan setapak menuju lahan kebun sayur organic.

“Adanya akses jalan ini diharapkan nantinya akan memudahkan petani dalam melakukan aktifitasnya, seperti pengangkutan pupuk, perawatan dan pemanenan serta tidak mengganggu atau merusak tanaman yang ada disamping juga untuk memudahkan pengunjung yang datang ke lahan sayur organic” seperti disampaikan oleh Sumantoro Cendana (32) selaku manager pager gunung.  Dalam mengelola kegiatan ini Sumantoro juga dibantu oleh Rasito (30) sebagai team pemasaran dan juga Taufik (22) sebagai  team produksi tanaman.  Dengan jumlah anggota petani sayur organic yang berjumlah 28 orang.

Disamping penataan lahan juga dilakukan penataan sayuran dengan mengelompokan sesuai jenis tanaman serta mengatur siklus jenis tanaman. Hal ini dimaksudkan agar tetap terjaganya hasil produksi yang tabil.  Hasil produksi yang tidak stabil sangat mengganggu dalam pemasaran apalagi kalau kekurangan sayuran sementara permintaan banyak membuat saya pusing” kata Rasito, sementara kalau hasil produksi lagi banyak kita juga kesulitan dalam pemasaran. Diharapkan dengan adanya siklus tanaman ini nantinya kedepan persoalan-persoalan tersebut tidak terulang” lanjut Rasito.

Sementara itu dalam menyiasati terjadinya barang yang over produksi Taufik selaku team produksi memberikan bibit yang telah disemaikan kepada petani.  Dan nantinya petani akan mengganti pembelian bibit setelah masa panen.   Untuk melakukan koordinasi antara pengurus dan anggota petani diadakan sebuah pertemuan yang dilakukan setiap satu minggu sekali.  Hal ini dilakukan semata-mata untuk proses pembelajaran sesama petani, disamping juga untuk menyelesaikan persoalan yang ada” Taufik menjelaskan sambil sesekali menebarkan benih yang digenggamnya.