pembangunanSalah satu prasyarat untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah terpenuhinya sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar.  Baik berupa alat praktek belajar, alat-alat oleh raga dan perpustakaan sebagai tempat menambah pengetahuan dan ketrampilan siswa.  Upaya SD Negeri Melung untuk meningkatkan kualitas pendidikan,  sekarang sedang membangun perpustakaan melalui dana DAK (dana alokasi khusus) sebesar Rp. 98.198.000,- .   Rencana bangunan seluas 8 x7 m tersebut dibangun dengan swakelola  dimana melibatkan masyarakat setempat, sehingga mutu dari bangunan dapat diawasi langsung oleh masyarakat dan ada partisipasi dari warga baik berupa material maupun tenaga.

Dalam membangun perpustakaan tersebut menggunakan tanah milik sekolah yang luasnya tidak seberapa, dan tentunya hal ini mengurangi luas halaman sekolah yang biasa dipergunakan untuk bermain bagi siswa sekolah.  Walau tempat bermain menyempit namun hal ini tergantikan dengan adanya sebuah gedung yang bisa dipergunakan untuk menambah wawasan.

“Dengan  adanya bangunan gedung perpustakaan, secara otomatis mengurangi lapangan sekolah, yang sedikit menyempit.  Hal ini dikarenakan lahan sekolah yang terbatas serta topografi Desa Melung yang secara keseluruhan berbukit sehingga untuk mendapatkan tanah yang datar sangat sulit.  Ditambah kemampuan Pemerintah Desa dalam  penyediaan lahan  untuk kepentingan pendidikan tidak ada, karena tanah kas desa yang ada tinggal sedikit”  hal ini disampaikan oleh Agung Budi Satrio ( Kepala Desa Melung ).

Diharapkan dengan dibangunnya sarana bangunan perpustakaan ini akan meningkatkan budaya membaca mulai dari dikalangan siswa sekolah dasar, sehingga akan memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan serta wawasan lain selain mata pelajaran yang ada.   Memang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di desa perlu adanya kerja sama yang baik antara pemerintah desa dengan pihak sekolah baik dari kepala sekolah maupun dewan guru agar terjadi kerja yang sinergis dalam memberdayakan masyarakat desa, lebih lanjut Agung Budi Satrio berharap terkait dengan adanya pembangunan gedung perpustakaan SD Negeri Melung ini.

Impian untuk dapat memiliki gedung perpustakaan yang selama ini dinantikan baik oleh siswa, guru maupun masyarakat Desa Melung akhirnya terwujud dengan melalui dana alokasi khusus.  Hal ini sangat menggembirakan bukan hanya bagi siswa namun wali murid atau masyarakat Desa Melung, karena tentunya akan sangat membantu dalam prose belajar mengajar dan siswa akan bertambah pula wawasannya, seperti disampaikan Sutarto salah satu wali murid SD Negeri Melung.