Pelatihan 1Melung 11 Juli 2017, Pembangunan sumber daya manusia merupakan hal yang penting untuk di lakukan oleh semua pihak, baik oleh suatu kelompok masyarakat, ataupun pemerintahan. Terlebih lagi dalam pemerintahan desa yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat. Dalam hal ini perlu yang namanya pelatihan atau penguatan kapasitas sumber daya manusia. Pelatihan atau penguatan masyarakat ini perlu di ketahui akan rencana, konsep dan tujuan yang harus disiapkan. Karena sering kali adanya pelatihan tanpa rencana, konsep dan tujuan. Yang seakan-akan muncul secara tiba-tiba sehingga peserta/sasaran hanya seadanya, tanpa ada hasil/output, terlebih lagi indokator/ukuran yang diperoleh.

Oleh karena itu dalam melakukan pelatihan perlu ada rencana, konsep dan tujuan yang matang. Dengan adanya kajian tersebut diharapkan dalam pelaksanaan/penyusunan pelatihan akan lebih mengena. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan data yang ada.

Melihat kondisi tersebut Pemerintah Desa Melung, merasa perlu untuk mengadakan pelatihan menyusun pelatihan. Pelatihan tersebut telah diadakan selama 2 (dua) hari (8 Juli – 9 Juli 2017). Yang diikuti oleh perangkat desa dan lembaga masyarakat.

Adapun materi yang disampaikan mulai dari pengkajian kebutuhan pelatihan, menganalisa instrksional, analisa karakteristik peserta, perumusan tujuan, pengembangan bahan pelatihan sampai dengan evaluasi pelatihan.

Dalam sambutannya Khoerudin (Kades Desa Melung) mengharapkan dengan adanya pelatihan ini kedepan ketika ada pelatihan entah apapun dapat dipertanggungjawabkan. Baik dari sisi tujuan, kemanfaatan pelatihan bagi masyarakat dan akan membawa kemajuan pembangunan di Desa Melung. Yang pada prinsipnya ada perencanaan yang matang mulai dari data dan kebutuhan di masyarakat.