Melung 25 April 2018,
Untuk mengembangkan perekonomian Desa Melung mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Purwokerto Angkatan ke 41 Kelompok 35 mengadakan Pelatihan Pembuatan Kripik Bedogol Pisang. Melihat dari makanan khas di Desa Melung yaitu pembuatan kripik pisang, mahasiswa KKN membuat hal baru untuk mengadakan Pelatihan Pembuatan Kripik dari Bedogol Pisang.


Acara Pelatihan pembuatan kripik bedogol pisang ini dilaksanakan di Halaman Rumah Ketua RW 1 Desa Melung.  Peserta Pelatihan ini dihadiri oleh setiap RT masing-masing 5 orang di wilayah RW 1 dan RW 2 Desa Melung. Khoerudin, S.Sos. selaku Kepala Desa Melung dalam sambutannya mendukung sekali acara pelatihan kripik bedogol pisang ini. Karena pelatihan ini masih baru, menarik dan Kepala Desa juga berharap nantinya warga dapat mengembangkan pembuatan kripik bedogol pisang ini.

Pelatihan pembuatan kripik Bedogol pisang ini mengundang narasumber yaitu Sugeng beliau adalah pengusaha kripik bedogol pisang di daerah Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Beliau sudah 3 Tahun memproduksi kripik bedogol pisang. Awalnya mencoba-coba dan akhirnya berhasil juga menjadi kripik bedogol pisang.

Peserta pelatihan ini sangat antusias mengikuti pelatihan dengan baik dan semangat. Peserta pelatihan ini juga turut andil dalam mengiris bedogol, menaruh ke wajan dan menggoreng. Salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa hal yang sepele tapi banyak manfaatnya.

Hertianti Rukmana / Pendidikan Islam Anak Usia Dini