Peserta pelatihan foto bersama usai pelatihan

Peserta pelatihan foto bersama usai pelatihan

Melung 30 Maret 2016, Sekretaris Badan Koordinasi Penyuluhan (setbakorluh) Pertanian Jawa Tengah mengadakan pelatihan budidaya lada perdu. Pelatihan tersebut diadakan di Hotel Rosenda Baturraden (teori) dan di Desa Dawuhan Wetan Kedungbanteng (praktek). Kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari, Senin – Rabu (28-30/3).

Pelatihan ini diikuti oleh 31 peserta dari perwakilan wilayah Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap. Peserta pelatihan adalah petugas penyuluh lapangan dan beberapa anggota LMDH (lembaga masyarakat desa hutan).

Disamping teori yang disampaikan oleh komunitas petani dan pembibitan dan budidaya lada perdu, peserta juga diajak langsung praktek. Kegiatan praktek dilakukan di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng, mulai dari cara membuat bibit melalui stek smapai cara pemanenan.

Dengan semakin terbatasnya lahan pertanian, lada perdu menjadi pilihan untuk mengembangkan budidaya lada perdu. Karena tanaman lada perdu tidak memerlukan lahan yang luas dan bisa dibudidayakan didalam pot atau pollybag”. Seperti dituturkan Marmo dari Komunitas Petani dan Pembibitan dan Budidaya Lada Perdu.

4 (empat) hal penting dalam budidaya lada perdu, syarat tumbuh, budidaya, hama dan penyakit serta pengelolaan pasca panen. Tanaman lada perdu bisa hidup pada ketinggian 0-1000 meter dari permukaan laut, Lanjut Marmo.