Pelantikan NU, MUSLIMAT, GP ANSOR. FATAYAT, IPNU-IPPNU Ranting Melung telah dilaksanakan pada hari minggu, 17 Maret 2013, bertempat di Aula “Widya Mandala” Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.  Pelantikan  dihadiri oleh DPC ANSOR Kabupaten Banyumas, PAC Kecamatan Kedungbanteng, dan juga para tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga masyarakat Desa Melung.

Sumantoro  (32) Ketua Panitia dalam sambutanya menyampaikan, Pelantikan ini sengaja dilaksanakan bersama-sama dengan harapan dapat memupuk solidaritas dan kerjasama dalam menegakan agama islam, khususnya di Desa Melung.

Dalam acara ini juga di adakan Pengajian, dengan pembicara  Ustad Faturrohman dari ketua DPC Ansor Kabupaten Banyumas, Acara semacam ini mudah-mudahan bisa ditiru oleh desa-desa lain, selain masyarakat bisa ikut berpartisipasi juga dalam pelaksanaan kegiatan, juga masyarakat akan tau, mengenal akan keberadaan wadah daripada  ke-NU-an.

Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ini juga sebagai sarana untuk memupuk rasa gotong-royong dan kerjasama dalam upaya menunjang keberhasilan pembangunan di Desa Melung pada khususnya.  Tolak ukur pembangunan bukan dinilai dari berapa banyak kegiatan fisik yang dibangun, tapi bagaimana peran serta masyarakat yang lebih banyak dalam semua kegiatan baik kegiatan fisik maupun non fisik.   Seperti halnya kegiatan keagamaan yang diharapkan mampu memberikan angin segar kepada anak cucu kita kedepan untuk menjadi warga masyarakat yang berbudi luhur, berahlakulkarimah dengan berlandaskan Ahlisunah Waljamaah.