Pelaksanaan rehab Jembatan Kali Manggis, Desa Melung Kecamtan Kedungbanteng

Melung 5 Agustus 2015, Pemerintah Desa Melung menerima bantuan keuangan dari Pemerintah Daerah Jawa Tengah sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah). Dana bantuan tersebut dipergunakan untuk pembangunan rehab Jembatan Kali Manggis salah satu jembatan yang ada di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Sebuah jembatan yang menghubungkan dua grumbul yaitu Salarendeng dan Melung.  Jembatan dengan lebar 3,5 meter dan panjang 12 meter dengan ketinggian dari sungai sekitar 7 meter, dibangun pada tahun 1999 dengan menggunakan bahan dasar lapisan plat besi yang diatasnya dikasih papan kayu.

Untuk pengamanan di kiri kanannya dipasang pipa besi, akan tetapi pipa besi tersebut hilang diambil oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sementara kondisi antar ujung jembatan sudah tidak rata, karena sebagian tanahnya amblas.

Disamping sebagai penghubung antar dua grumbul jembatan Kali Manggis juga sebagai akses masyarakat baik menuju ke sawah maupun ladang. Mengingat usia bangunan yang sudah berumur puluhan tahun maka banyak kayu yang lapuk dan berlubang.

Dalam pelaksanaan kegiatan rehab jembatan di samping mengandalkan dana bantuan gubernur, masyarakat terutama dari dua grumbul tersebut berswadaya. Bentuk swadaya masyarakat berupa swadaya dalam pekerjaan urugan tanah dan pengecoran. Pekerjaan pengangkutan material juga dilakukan secara swadaya, mengingat jarak antara jalan raya dan jembatan lumayan jauh dan belum bisa dilalui mobil karena sangat curam. Pekerjaan bangunan ini diperkirakan akan selesai dalam waktu 3 minggu (21 hari).