melung.desa.idMelung 30 September 2016, Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dilakasanakan pada (28/9) di Aula Widya Mandala Desa Melung. Hadir dalam musyawarah tersebut FKD (forum kesehatan desa), Ketua RW, RT, TP PKK, Kader Kesehatan dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari Survey Mawas Diri (SMD) yang telah dilakukan dengan pendataan dan wawancara kepada setiap rumah. Dari SMD di temukan beberapa persoalan antara lain : Ibu hamil dengan resiko tinggi, Gizi buruk, Demam Berdarah, Mengundurkan diri dari KB dan Hipertensi pada Ibu Hamil.

Yang dimaksud dengan Ibu hamil dengan resiko tinggi adalah Ibu hamil dibawah umur 20 (dua puluh) dan diatas 35 (tiga puluh lima) tahun. Adanya anak pada saat penimbangan berat badan dibawah garis merah (standar normal berat badan) dianggap kurangnya asupan gizi atau gizi buruk. Masih kurangnya perhatian terhadap kebersihan lingkungan menyebabkan adanya sarang nyamuk.

Hipertensi atau yang biasa kita kenal sebagai tekanan darah tinggi dapat dialami ibu hamil dan sangat membahayakan baik untuk kandungan sang ibu itu sendiri maupun bagi sang anak. Hipertensi bukan saja dialami oleh ibu hamil, akan tetapi oleh kebanyakan lansia di Desa Melung.mmd1

Dalam musyawarah tersebut membahas 5 (lima) persoalan yang ada di masyarakat. Salah satu hasil dari kegiatan MMD adalah membuat prioritas masalah dan solusi atau jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut.

Hasil dari musyawarah, masyarakat sepakat untuk membentuk FKM (forum kepedulian masyarakat). Salah satu kegiatannya adalah gotong royong dalam penggalangan dana untuk pembiayaan kesehatan, bagi masyarakat yang membutuhkan. Disamping juga membuat rencana tindak lanjut serta membuat rencana anggaran biaya untuk tahun berikutnya.

“Dari hasil gotong royong pengumpulan dana tersebut tidak menutup kemungkinan nantinya bisa untuk membantu pembuatan jamban keluarga, MCK dan lain-lain” Seperti dituturkan oleh Wijiana Endahyani selaku Bidan Desa.