Melung, 14 Maret 2013 seiring terbitnya matahari Hartono (56) dengan semangat membawa sebilah sabit dan sebatang bambu bergegas berangkat untuk mencari rumput ke hutan.  Sudah ada 6 ekor kambing yang dipeliharanya dan salah satu dari 6 kambing tersebut adalah merupakan bantuan dari UPK PNPM Kecamatan Kedungbanteng.

Ditahun 2012 ada 3 orang yang menerima bantuan kambing yaitu Rasdi (58), warga RT 01 RW 02, Darkam RT 02 RW 01 dan saya sendiri dan kebetulan saya dipercaya agar menjadi penanggungjawabnya.  Dari 3 ekor yang diterima di tahun 2012,  sekarang semuanya sudah beranak dan sudah di gulirkan kepada warga yang lain yaitu Yasmudi, Dartim Darnudin, Sudar dan Wardi yang semuanya adalah warga RT 04 RW 02.  Ketika ditanya bagaimana proses perguliran/aturanya kepada masyarakat yang lain,  dengan gamblang dan jelas ia pun menceritakan, bahwa setiap pemelihara akan mendapatkan induknya setalah menyetorkan kapada pengurus, setelah induknya beranak 2 dan hidup semua hingga masa perguliran itu tiba pada saatnya, seuai peraturan yaitu setelah anak kambing berusia 6 bulan, dari 2 ekor anaknya tersebut, satu ekor disetorkan kepada pengurus dan satu ekornya lagi si pemelihara akan mendapatkan 25 % dari harga jual pada saat anak kambing disetorkan kepada pengurus, “ujarnya.

Saya juga berharap agar kambing yang dipelihara masyarakat Desa Melung ini dapat berkembang dengan baik sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri, disisi lain juga didesa melung inikan dekat dengan hutan sehingga untuk pakan ternak kambing bukan merupakan hal yang sulit untuk mengcarinya.

Desa Melung yang kebetulan terletak  di pinggir hutan masyarakatnya mayoritas adalah buruh tani dan sebagai sampingan adalah memelihara kambing agar dapat meningkatkan ekonominya, letak geografis yang juga sangat mendukung menjadikan tempat yang cocok untuk memelihara kambing dan dapat berkembangbiak dengan baik, dengan demikian maka diharapakan selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat adalah sesuai dengan visi dan misinya  Desa Melung menjadi desa Agrowisata dan Ekowisata.