aktivitas saat lomba

Mengamati keanekaragaman hayati

Melung 8 Maret 2015, Komunitas Cendana mengadakan kegiatan pengenalan keanekaragam hayati terhadap anak-anak. Kegiatan yang bertemakan “Saba Alas Cendana Desa Melung” diikuti oleh 100 orang siswa dari SD N Melung dan SLTP N 3 Kedungbanteng. Peserta kegiatan ini dibagi dalam 10 kelompok dan melakukan penyusuran hutan di Desa Melung.

Sebuah pengenalan terhadap lingkungan, keanekaragamhayati serta potensi yang ada di Desa Melung. Kegiatan yang dikemas dalam game dan lomba ini diharapkan akan memberikan wawasan terhadap siswa dan lebih mencintai terhadap desa dan lingkungan, seperti dituturkan oleh Khoerudin selaku Kepala Desa Melung.

Disamping menyusuri hutan, juga diadakan game yang terbagi dalam 4 pos, pada pos pertama anak-anak diberi tugas mencatat 10 jenis pohon dan manfaatnya. Pada pos kedua menyebutkan jenis-jenis nama makanan tradisonal seperti ganyong, ubi kayu, gembili dan lain-lain.

Selanjutnya pada pos ketiga pengenalan terhadap satwa, pada pos ini panitia menyediakan binok, kemudian anak-anak disuruh mengamati dan mencatat apa yang dilihatnya. Terakhir pada pos keempat masing-masing kelompok menceritakan pengalaman dalam mengikuti kegiatan.