pemuda berpidato

Siti Aminah peserta lomba pidato

Rasa Nasionalisme dan cinta terhadap tanah air menjadi tema besar dalam lomba pidato yang diadakan pada 16/3 Sabtu malam di Desa Melung. Lomba pidato ini dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang ke 59. Acara ini terselenggara berkat kerjasama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI cabang Purwokerto, Pemerintah Desa Melung dan masyarakat Desa Melung. Lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta pekikan kata “MERDEKA” mengawali pembukaan acara.

Dengan selingan Seni karawitan yang ditampilkan oleh murid-murid SD, menambah semangat akan kecintaan kepada bangsa dan memberikan wujud rasa cinta terhadap budaya bangsa disamping menjadi salah satu hiburan bagi masyarakat. Kepiawainya dalam menabuh gamelan mengundang decak kagum para penonton yang memadati gedung aula “Widya Mandala” Desa Melung.

Sebagai anak Bangsa Indonesia walau keberadaannya hanya ada di desa, namun semangat cinta akan tanah air begitu menggelora. Terbukti ketika diadakan lomba pidato, yang bagi sebagian masyarakat desa belum pernah sekalipun pidato, banyak yang mengikuti lomba tersebut. Sungguh sebuah pemandangan yang jarang terjadi dan membuat bulu kuduk berdiri tatkala peserta dengan semagat meneriakan kata MERDEKA.

Kenyataan sekarang menunjukkan bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang ditandai oleh kemerosotan akhlak dan wawasan kebangsaan. Seperti terlihat dalam perilaku yang lebih mementingkan kepentingan individualisme, sehingga menggeser nilai gotong royong.