IMG_0210Melung Jum`at Manis 17 Maret 2017, Posbindu PMT merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor Penyakit Tidak Menular (PMT). Kegiatan ini akan dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik. Faktor penyakit tidak menular meliputi : merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, pola makan yang tidak sehat, kurang aktifitas, obesitas, stres, hipertinsi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor resiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan.

Adapun sasaran dari kegiatan posbindu tersebut adalah warga masyarakay sehat, beresiko dan penyandang PMT yang berusia diatas 15 Tahun. “Jadi tidak hanya masyarakat sakit tapi yang sehatpun jadi sasaran untuk mengantipasi  sebagai antisipasi dan pencegahan Penyakit Tidak menilar ( PMT ) tersebut.  Seperti dituturkan Sutarti salah satu kader PKK Desa Melung. Untuk pelaksana dari kegiatan tersebut adalah Kader Posbindu yang dibentuk berdasarkan SK Kepala Desa dengan dibantu dokter dan tenaga medis  dari Puskesmas Kedungbanteng.

Posbindu di Desa Melung diadakan sebulan sekali tepatnya pada Kamis ketiga yang bertempat di Aula Widya Mandala dimulai Jam 8.00 WIB sampai selesai.IMG_0207

Posbindu di  Desa Melung sudah berjalan 2 kali pertemuan dan antusias warga sangat baik, terbukti dari semakin banyaknya peserta yang menghadiri acara tersebut. Pada bulan Februari yang hadir 40 orang dan pada bulan ini ada 45 0rang. Adapun sasaran utama dari Posbindu ini adalah Penderita diabetes Militus, kangker, penyakit jantung  dan pembuluh darah, penyakit paru dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Posbindu dilaksanakan karena cenderung penyakit tidak menular semakin banyak dan menjadi ancaman serius khususnya dalam perkembangan kesehatan masyarakat (bersumber dari Kemenkes RI ) dan perlu penangan yang serius, maka dari itu perlu penangan yang serius dan peran serta masyarakat untuk dapat menekan syukur  mengurangi Penyakit Tidak Menular khususnya di Desa Melung.