Desa Melung menjadi salah satu desa penerima prototype (CAP) community access point dari Kominfo di wilayah Banyumas.  Sebanyak 8 (delapan) unit komputer, telah diterima dan akan diserahkan langsung oleh Dirjen Kominfo besok (Kamis 29 Agustus 2013)

Acara penyerahan ini juga akan dirangkai dalam sebuah kegiatan yang bertajuk festifaldestika (festifal desa telekomunikasi dan komunikasi).  Berbagai persiapan telah dilaksanakan untuk kegiatan festifaldestika.  Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga akan diisi dengan seminar dan juga workshop yang terbagi dalam dua kelas.  Kegiatan ini  juga akan dimeriahkan dengan adanya hiburan rakyat berupa wayang kulit dengan dalang Ki Bambang Asmoro dari Kominfo.

“Dengan adanya bantuan CAP ini kami berharap masyarakat dapat mengembangkan diri serta akan memberikan manfaat bagi masyarakat, tidak saja untuk desa ini akan tetapi juga bagi desa-desa sekitar” seperti dituturkan oleh Khoerudin, selaku Kepala Desa Melung.

Tentunya menjadi tanggungjawab Pemerintah Desa Melung agar bagaimana dikemudian hari program ini akan lebih bermanfaat bagi masyarakat. Setelah diterima, upaya yang pertama dilakukan oleh Pager Gunung selaku pengelola adanya bantuan CAP adalah dengan mengadakan pelatihan penggunaan komputer bagi pemuda.  Bukan hanya pemuda bahkan ibu-ibu rumah tangga juga dilatih untuk mengenal dan mengoperasikan komputer.

Komitmen untuk berbagi pengetahuan apapun ( termasuk dunia teknologi) dengan yang lain tentunya didasarkan pada pemahaman bahwa suatu pengetahuan hendaknya bermanfaat untuk yang lain.  Hal ini juga menjadi rencana nantinya dengan adanya bantuan CAP ini diharapkan semua elemen masyarakat akan dapat memanfaatkanya termasuk siswa dan siswi SLTP di Desa Melung pada khususnya.

Apabila semua elemen yang ada di masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup tentunya akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat itu sendiri. Contoh yang paling dekat adalah bagi ibu-ibu yang belum lama ini melakukan proses pembelajaran komputer merasakan bertambahnya pengetahuan mereka. Disamping itu kebersamaan dalam proses belajar akan menambah eratnya hubungan sosial diantara mereka.