Naibul Umam sedang memberikan arahan dalam gladi posko

Dalam persiapan menjadi desa tangguh bencana forum PRB (pengurangan resiko bencana) Desa Melung, kemarin (24/12) telah melakukan gladi posko. Dalam gladi posko yang diikuti oleh forum PRB dan warga masyarakat Desa Melung adalah untuk mempersiapkan gladi lapang atau simulasi dalam menghadapi bencana. Gladi posko dan gladi lapang ini dilakukan untuk menghadapi erupsi Gunung Slamet.

Sekitar 30 (tiga puluh) anggota forum PRB Desa Melung, mengikuti gladi lapang yang dipandu oleh fasilitator dari MDMC Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Naibul Umam yang juga merupakan Ketua MDMC tingkat Jawa tengah memberikan arahan tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan dalam gladi lapang.

Dalam pembagian tugas terdiri dari team pemantau visual tentang keberadaan situasi Gunung Slamet, yang bertugas memantau kondisi Gunung Slamet. Kemudian dari hasil pemantauan tersebut melaporkan kepada ketua forum PRB tingkat desa. Setelah sebelumnya ada informasi dari badan geologi melalui pos pemantauan gambuhan (Purbalingga) yang dalam hal ini diperankan oleh BPBD Kab. Banyumas. Membentuk team atau petugas pendirian barak pengungsian, dapur umum, team evakuasi, team pendataan dan membentuk team medis.

Pendirian barak pengungsian

Adapun pelaksanaan galdi lapang (simulasi) penanggulangan bencana akan diadakan hari ini Rabu (25/12) dengan melibatkan warga forum PRB dan juga masyarakat Desa Melung.