Pakis merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh dimanapun. Terutama pada daerah yang lembab. Banyak sekali jenis tanaman pakis, namun yang bisa dimasak atau untuk sayur ada tiga jenis yaitu pakis menir, teja dan pakis urang. Biasanya ketiga jenis tanaman pakis ini dapat dijumpai disekitar aliran sungai, atau tempat-tempat yang lembab.

Tanaman yang tumbuh secara liar ini hanya dimanfaatkan saja, belum banyak yang membudidayakan. Padahal kalau kita amati bahwa tanaman ini cukup memberi harapan untuk meningkatkan pendapatan.

Membudidayakan pakis sayur mrupakan sebuah peluang usaha yang menjanjikan, karena selama ini belum banyak yang serius untuk membudidayakan. Dalam perawatan juga sngat mudah, karena tanaman ini bisa tumbuh bersaing dengan rerumputan dan bisa ditanam dibawah tegakan.

Tanaman pakis sayur ini setelah dilakukan panen pertama, tidak menunggu waktu lama untuk memanennya kembali, hanya menunggu lebih kurang 5 hingga 6 hari, sudah dapat dipetik hasilnya kembali. Pakis sayur mempunyai nilai jual perikatnya Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah).

 366 total views,  3 views today

Bagikan Berita