Dalam rangka menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan, wargaRT 02 RW 01 Desa Melung secara rutin mengadakan ronda malam. Kegiatan ronda malam hampir dilaksanakan oleh setiap RT yang ada di Desa Melung.

Tujuan diadakannya ronda malam adalah untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib dan tentram di lingkungan masing-masing. Terwujudnya kesadaran masyarakat dilingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kegiatan ronda meliputi penjagaan dan patroli keliling guna mengetahui keamanan dan ketertiban lingkungan. Serta memberitahukan situasi baik kondisi aman atau kondisi bahaya dengan menggunakan kentongan.

Bukan saja berjaga dari gangguan ketertiban dan keamanan ronda juga bisa dijadikan sarana silaturahmi antar warga, yang mungkin jarang ketemu karena kesibukan masing-masing. Bercerita dan saling bertukar pikiran dalam pengetahuan dan pengalaman masing-masing.

Disaping itu untuk mengisi waktu ronda malam dimanfaatkan warga RT 02 RW 01 Desa Melung untuk membuat arang kayu. Pada prosesnya perapiaanya bisa untuk menghangatkan badan disepanjang malam yang dingin. Hasil arangnya bisa dijual.

Jika siang hari kalau ada orang menebang kayu, mereka (warga) mengumpulkan sisa-sisa tebangan yang tidak digunakan. Kemudian dikumpulkan didekat pos ronda. Malamnya petugas ronda yang membakar kayu tersebut menggunakan potongan drum kecil. Tutur Kartim selaku ketua RT 02 RW 01 Desa Melung.

Dalam semalam bisa menghasilkan kurang lebih setengah kandi arang yang kemudian dikumpulkan. Setelah banyak kami titipkan pada seseorang untuk dijual dipasar. Perkandinya dihargai Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah). Dalam sebulan kami pernah mendapat uang Rp. 650.000,- (enam ratus lima puluh ribu rupiah).

Dari penjualan arang tersebut kami pergunakan untuk operasional kegiatan ronda malam. Seperti membeli gula, kopi, teh dan juga kebutuhan pos ronda.

 

 211 total views,  18 views today

Bagikan Berita