melung.or.id

Portal Desa Melung

Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari jajaran pulau-pulau dimana desa, nagari atau sebutan yang lainnya ada didalamnya sebagi pusat pemerintahan yang paling bawah. Keberagaman juga menjadi salah satu ciri masyarakat Indonesia, termasuk didalamnya keberagaman desa dengan segala potensi desanya.

Untuk dapat mengetahui potensi yang ada di desa kita sendiri terkadang harus berfikir cukup lama semisal kita ditanya tentang potensi yang ada di desa kita. Berbeda ketika kita ditanya ditanya tentang judul film, sinetron, atau nama-nama artis, kita akan cepat sekali dalam menjawabnya.

Sebuah kerugian kiranya apabila kita sampai tidak tahu atau ragu-ragu untuk dapat menyebutkan dan mengetahui potensi yang ada di sekitar kita. Karena kalau kita mau membangun misalnya dan kita tidak mengetahui kekuatan yang ada tentunya kita juga kebingungan apa yang akan kita bangun. Hanya orang yang mempunyai kepekaan yang bisa membaca potensi dan peluang yang ada untuk bisa dikembangkan demi kesejahteraan hidup, sayangnya orang yang mempunyai kepekaan seperti itu juga tidak banyak.

Terkenalnya seorang artis, judul sinetron atau yang lainya hal ini karena memang ada media atau alat yang menginformasikan kepada kita sampai kita hafal keseluk-beluknya. Dan semua itu mustahil kita bisa mengetahui dan hafal kalau kita hanya menonton atau melihat sekali.

Untuk dapat mengetahui potensi yang ada di sekitar kita dan menginformasikan kepada masyarakat desa maka dibuatlah sebuah media yang disebut dengan portal desa. Tujuan dibuatnya portal desa adalah sebagai sarana informasi dan bisa saling memberikan informasi yang ada di desa. Kalau dalam istilah demokrasinya dari warga, oleh warga dan untuk warga.

Secara manfaat tentunya masyarakat akan cepat mengetahui informasi yang ada di desa sendiri ketimbang mengetahui issu atau informasi yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan di desa. Lebih dari itu kita terbiasa dengan melihat apa yang sedang terjadi di luar sana, sekarang kita coba membalikkan biar dunia yang ada luar sana, kita tuntun untuk melihat apa yang sedang kita lakukan dan kita miliki.

Dalam portal desa disamping memuat berita atau kejadian yang ada di desa juga memuat tentang potensi-potensi yang ada di desa baik potensi sumber daya manusia maupun potensi sumber daya alamnya. Diharapkan setelah kita atau masyarakat desa mengetahui potensi yang ada di desanya akan dapat mengeksplorasi untuk membangun desanya.

melung.or.id

Dukung domain “desa.id”

Bukan hanya itu dalam portal desa juga memuat tentang sejarah-sejarah yang ada di desa, tidak ketinggalan juga adat istiadat atau kebudayaan desa juga dimuat dalam portal desa. Sehingga kebudayaan sebagai warisan nenek moyang kita tidak terlupakan begitu saja seiring dengan kemajuan zaman.  Dan diharapkan pula nantinya desa akan memiliki kemandirian dan juga memiliki martabat, ketika desa berdaya maka negara juga pasti jaya.