KKN Mahasiswa STAIN Purwokerto di Desa MelungSebanyak 10 (sepuluh) Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Purwokerto hari Sabtu tanggal 13 Juli 2013 diterima di Balai Desa Melung.  Mereka akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama satu setengah bulan sampai dengan bulan September 2013 di Desa Melung.

Mahasiswa yang terdiri dari 3 (tiga) M. Arif Suryo Riyanto,  yang menjadi Koordinator Desa mengatakan bahwa dalam rangka melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut menggunakan konsep PAR (Participatory Action Research).

“Participatory Action Research adalah sebuah basis dimana dalam pelaksanaan KKN sebagai penelitian tindakan dan partisipasi terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Arif mengatakan bahwa prinsipnya dalam kegiatan tersebut adalah partisipasi, yakni mengikutsertakan mahasiswa terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat. “Harapannya mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini adalah ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan suatu persoalan dimasyarakat dimana mereka ditempatkan,” pungkasnya.

Sebagaimana ciri khas dari Desa Melung adalah setiap ada kegiatan KKN maka para mahasiswa tidak ditempatkan dalam satu lokasi yang sama.  Kali ini mahasiswa tersebut ditempatkan dalam 2 kelompok yaitu untuk yang perempuan ditempatkan di rumah Sayin Pujowikarto (60) gerumbul Melung, sedangkan yang laki-laki ditempatkan di rumah Yasmadi (60) gerumbul Kaliputra.