SMA BUNDA HARAPAN KUDUS JAKARTA

Desa Melung kembali akan kedatangan tamu yang cukup banyak dari SMA Bunda Hati Kudus Jakarta dengan melakukan kegiatan life in selama 4 hari yang rencana akan dimulai pada tanggal 21 September 2018 sampai dengan tanggal 25 September 2018.  Sekitar 112 siswa akan hadir dan tinggal bersama warga desa.
Pemerintah Desa menyiapkan sebanyak 60 rumah tinggal menyebar di setiap gerumbul yang nantinya dalam 1 rumah ditempati 2 orang siswa. Renacanya dari 112 siswa tersebut akan ditempatkan di 4 grumbul.  Untuk Grumbul Depok disiapkan 16 rumah, Kaliputra disiapkan 15 rumah, Melung disiapkan 15 rumah dan Salarendeng 12 rumah.
Untuk menampung tamu seperti biasanya ada persyaratan yang harus dipatuhi oleh warga terutama dalam kebersihan dan keramah tamahan dalam menyambut tamu, walaupn kegiatan seperti ini sering kali dilakukan oleh Desa Melung baik tamu dari dalam negeri sampai dengan tamu manca negara.
Selama tinggal kurang lebih 4 hari siswa akan mengikuti aktivitas tuan rumah yang di tempati siswa baik.  Apabila Kepala Keluarga yang memiliki mata pencaharian petani maka siswa wajib mengikuti aktivitas seharian berada di sawah begitu juga dengan usaha yang dilakukan kepala keluarga dalam bidang yang lain.
Selama berada di Desa Melung siswa tidak diperkenankan membawa alat komunikasi, sehingga siswa benar-benar merasakan kehidupan di pedesaan demikian yang di syaratkan oleh para guru pendampingnya.
Dukungan warga dalam mewujudkan sebagai Wisata Desa menjadi hal yang sangat penting sehingga semakin banyak tamu-tamu akan hadir ditengah=tengah masyarakat dan saling belajar, bertukar pengalaman dan pengetahuan.