Penanaman oleh Komunitas Cendana

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sumber air dan merupakan desa yang berada di tepi hutan, pada hari minggu 14 desember 2014, puluhan remaja yang tergabung dalam Komunitas Cendana Desa Melung melakukan penanaman pohon pucung pada lahan garapan masyarakat di hutan perhutani.

Melalui penanggungjawab kegiatan, Sahlan (24) mengatakan, “kegiatan ini merupakan salah satu program dari Komunitas Cendana yang peduli terhadap upaya kelestarian hutan. Disamping melibatkan teman-teman dari desa tetangga seperti Kutaliman, Kebocoran dan Beji, mereka juga menyumbangkan tanaman pucung tersebut”.

Sahlan mengatakan bahwa acara ini merupakan kegiatan yang bersifat kawasan karena kepedulian terhadap sumber air, tanaman, dan upaya konservasi ini melibatkan desa-desa hilir. “Mereka yang jauh dari hutan menyumbang tanaman, kami yang dekat hutan yang berupaya untuk merawat” imbuhnya.

Pemilihan tanaman pucung dimaksudkan bahwa tanaman tersebut mempunyai peranan dalam menyimpan air, sebagai penghasil oksigen, dimanfaatkan untuk diambil buahnya sehingga berjangka panjang. “Rencananya tanaman ini kami tanam untuk kami titipkan kepada para petani penggarap untuk dirawat dan kalau nanti sudah besar silahkan untuk diambil buahnya”, pungkasnya.