10 Juara Di Raih SD N Melung Dalam FLSSN Tingkat Kecamatan

10 Juara Di Raih SD N Melung Dalam FLSSN Tingkat Kecamatan

sdMelung Rabu Wage 15 Maret 2017, Festifal dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) Tahun 2017 tingkat SD diadakan oleh UPK Kecamatan Kedungbanteng kemarin (Selasa, 14/3). FLSSN merupakan ajang lomba dan festifal bidang seni bagi siswa.

Dikuti oleh seluruh SD yang ada di wilayah Kecamatan Kedungbanteng. Festifal yang diselenggarakan meliputi lomba desain batik, lomba lukis, lomba gambar bercerita, lomba tari dan lomba kaligrafi.

Termasuk SD Negeri Melung juga mengirimkan peserta dalam FLSSN tersebut. Hasilnya cukup memuaskan. Dalam beberapa bidang lomba bahkan mampu memberikan prestasi dan kebanggan bagi sekolah khususnya dan desa pada umumnya.

Seperti dalam lomba lukis juara 1,3 dan juara 4 berhasil diraih masing-masing atas nama Dodo  Pratama, Nurul Huzematurohmah dan Tika Nurlaeli. Yang kesemuanya merupakan siswa kelas 4b.

Dalam lomba gambar bercerita juga tidak kalah hebohnya tiga gelar mampu diraihnya, baik juara 1, 2 dan juara 4. Juara 1 diraih oleh Ugi Zafara kelas 4b, Mei Natania (4b) meraih juara 2 dan Dewi Susiana Kelas 3a meraih juara 4.

Sementara Mei Fadhilah Antisya Putri (kelas 5) dalam lomba tari perorangan meraih juara 2. Sedangkan lomba Kaligrafi mendapat juara 2 untuk kategori putri atas nama Nurul Huzematurohmah. Sedangkan untuk putra meraih juara 3 atas nama Dodo Prtama.sd 2

“Dengan FLSSN ini memberikan ruang kreatifitas serta potensi siswa dalam bidang seni dan sastra” seperti dituturkan oleh Yeni Listiyani salah satu Guru di SD N Melung. Disamping juga sebagai wadah untuk mengangkat kemampuan siswa sehingga dapat memberikan prestasi dan kebanggaan.

Dalam lomba yang berbeda team voly putri juga meraih juara 2, dan lomba bulu tangkis meraih juara 2 atas nama Dina Fitriana. Sedangkan Tutuko Ari Setiawan meraih juara 2 lomba lari formula, serta juara 3 dalam lari 80 meter.

Banyaknya prestasi yang diraih disamping faktor bakat dari siswa juga berkat ketelatenan dan kesabaran guru-guru pembimbing. Seperti diungkapkan oleh Yanwar Soleh dengan keterbasan lapangan yang terlalu sempit sehingga sedikit menghambat dalam mengembangkan bakat siswa.

 

 157 total views

10 Juara Di Raih SD N Melung Dalam FLSSN Tingkat Kecamatan

Peran Penting Pendidikan Dalam Keluarga

Parenting bagi warga melung

Parenting bagi warga melung

Melung 18 September 2016, Banyak orang berfikir bahwa pendidikan itu penting. Tapi tidak sedikit pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting.

Apalagi bagi masyarakat yang tinggal dipedesaan ataupun daerah terpencil, mereka menganggap pendidikan itu tidak penting. Bagi mereka, lebih baik bekerja daripada sekolah. Alasan utamanya sudah pasti bisa ditebak, karena jika bekerja mereka bisa mendapatkan uang, sedangkan sekolah hanya buang-buang uang saja.

Untuk meminimalisir persoalan tersebut, Pemerintah Desa Melung dengan sumber dana APBDes mengadakan kegiatan sosialisasi peran keluarga dan masyarakat dalam pendidikan.

Kegiatan tersebut diadakan pada (6/9) bertempat di gedung Widya Manggala dengan dihadiri lebih dari 60 orang. Kegiatan dibuka oleh Timbul Yulianto Plt. Sekdes mewakili Kepala Desa.

Dalam sambutannya Timbul menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan mengingat pentingnya menyiapkan generasi yang cerdas dan trampil untuk membangun desa.

Tujuan kegiatan ini yang utama adalah adanya sinkronisasi keterlibatan keluarga dalam mendidik anak dengan sekolah. Sehingga ada kesinambungan proses pembelajaran, disamping memberikan informasi kepada orang tua murid tentang pentingnya pengawasan terhadap anak.

Orang tua adalah pendidik utama dan terpenting, namun juga yang paling tak tersiapkan, pasalnya mereka selama ini harus mencari sendiri informasi dan pengetahuan tentang bagaimana menumbuhkan dan mendukung pendidikan anak-anak.

Selama ini jika bicara pendidikan maka fokus pembicaraan hanya kerap jatuh kepada siswa dan guru, sementara orang tua seperti terabaikan.
Kegiatan parenting pada tingkat Pendidikan sekolah Dasar  masih dirasa sangat kurang, sedangkan yang sudah berjalan baru pada Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak yang secara rutin mengadakan pertemuan dengan orang tua murid untuk berdiskusi tentang perkembangan anak didiknya di sekolah dan dirumah.

Pada masa sekarang ini pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia,  karena pada dasarnya manusia dalam melaksanakan kehidupannya tidak lepas dari pendidikan. Sebab, pendidikan berfungsi sebagai meningkatkan kualitas manusia itu sendiri. Namun realitanya, masih banyak masyarakat yang menganggap pendidikan tidak begitu penting.

 199 total views