Penggalang SMP N 3 Kedungbanteng Adakan Gerak Bersih

Penggalang SMP N 3 Kedungbanteng Adakan Gerak Bersih

Minggu, 15 September 2019, Dewan Penggalang (DP) SMP N 3 Kedungbanteng adakan Gerak Bersih Lingkungan Sekolah.

Sekolah adalah lembaga atau tempat yang digunakan untuk mencari ilmu atau belajar. Dalam menopang aktivitas belajar agar lebih maksimal maka sebuah sekolahan itu harus benar-benar terjaga Kebersihannya.
Sadar akan hal itu dewan penggalang SMP N 3 Kedungbanteng mengadakan kegiatan bersih lingkungan sekolah.

Kegiatan ini, diikuti 55 Dewan Penggalang SMP N 3 Kedungbanteng, pembina dan pelatih pramuka. Ungkap Kak Puji Lestari S.Pd selaku pelatih pramuka.

Kegiatan dimulai dengan apel pembukaan, olahraga pagi kemudian dilanjut bersih lingkungan.

Dalam sambutannya, kak Puji menegaskan akan kesadaran Pramuka terhadap pentingnya peduli lingkungan, terutama sampah plastik.

“Satu anak didik minimal dalam sehari memproduksi 5-7 sampah plastik dari bungkus jajan, bayangkan jika 500 anak didik dalam satu sekolahan ini melakukan hal yg sama, kemudian bayangkan jika 500 anak didik di semua sekolah yg lain melakukan hal yang sama, berapa jumlah plastik yang kita produksi secara jamaah dalam satu hari?
Tegas pertanyaan beliau.

Setelah mendapat arahan dan pengetahuan pengelolaan tentang sampah plastik, Dewan Penggalang bahu membahu membersihkan lingkungan sekolah, mulai dari halaman, kebun, jalan raya sampai selokan dekat pangkalan.

“Harapanya, setelah kegiatan ini selesai adik adik mulai menciptakan sadar diri akan bahaya sampah plastik dan lebih bijak dalam penggunaan plastik ” imbuhnya

 332 total views

Jelajah Juang Soedirman 2015

Jelajah Juang Soedirman 2015

_MG_4277Melung 8 November 2015, Sebanyak 1.400 anggota pramuka dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah mengikuti kegiatan jelajah rute juang Panglima Besar Jendral Soedirman tahun 2015. Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini diadakan dalam rangka memperingati hari pahlawan, yang untuk tahun ini Kabupaten Banyumas sebagai tempat diadakannya kegiatan tersebut. Munggangsari, Baturraden dipilih sebagai tempat pemberangkatan dalam jelajah juang Sudirman pada Minggu pagi (8/11).

Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, dari hari Minggu sampai hari Selasa. Wilayah Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas menjadi tempat dilewatinya kegiatan tersebut sekaligus sebagi tempat cheking.IMG_4308

Sehari sebelumnya masyarakat sudah bersiap-siap untuk menyambut peserta jelajah juang Soedirman dengan memasang umbul-umbul disepanjang jalan yang akan dilalui dalam kegiatan tersebut. Berbagai lapisan masyarakat mulai dari Pemerintah desa, lembaga-lembaga desa sampai siswa dan siswi turut serta dalam menyambut peserta jelajah juang Soedirman. Sebagian masyarakat turut serta dalam menyambut rombongan demi rombongan dengan berdiri berjajar disepanjang jalan sambil menyemangati peserta.

IMG_4298Disamping menampilkan hiburan seadanya (kenthongan) masyarakat juga menyediakan air minum dan makanan tradisional seadanya. Krawu, ondol, meniran, ceplos tidak ketinggalan mendoan yang saat ini lagi ramai diperbincangkan. Dengan meja kecil masyarakat meletakan minuman dan makanan tersebut di pinggir-pinggir jalan.

 284 total views,  2 views today

Jelajah Juang Soedirman 2015

SLTP Negeri 3 Kedungbanteng Adakan Persami

IMG20151031161027

Siswa SLTP N 3 Kedungbanteng sedang latihan baris-berbaris

Melung 4 November 2015, SLTP Negeri 3 Kedungbanteng adakan persami pada (31/10) di halaman sekolah. Sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) Negeri 3 Kedungbanteng berada di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Walau berada di desa dan berada di pucuk gunung, dari tahun ke tahun jumlah siswa semakin bertambah.

Persami atau perkemahan Sabtu dan Minggu ini diikuti oleh 91 peserta dari kelas VII. Persami ini bertujuan untuk membangun generasi pramuka di Indonesia pada umumnya dan Banyumas pada khususnya yang memiliki ahlak, budi pekerti dan kepribadian sebagai bekal di masa yang akan datang seperti dituturkan oleh Farid Ahmad Toga (29) yang merupakan Guru BP (Bimbingan dan Penyuluhan) sekaligus Pembina Pramuka di sekolah tersebut.

IMG20151031155918Persami yang diadakan dalam satu malam dua hari dengan dua bentuk kegiatan. Kegiatan didalam ruangan dan di luar ruangan. Untuk kegiatan di dalam ruangan diisi oleh Komunitas Cendana dengan materi pengenalan terhadap lingkungan. Pengenalan terhadap lingkungan beserta dengan potensi sumber daya alam yang ada menjadi hal yang sangat penting agar peserta persami memahami akan pentingnya sumber daya alam yang ada serta bagaimana memanfaatkannya.

Desa Melung memang berada di pinggir hutan dan berbatasan langsung dengan hutan negara, sudah barang tentu banyak potensi sumberdaya alam yang harus dijaga dan dilestarikan demi keberlangsungan hidup.

Sedangkan untuk kegiatan diluar ruangan seperti latihan baris-berbaris, api unggun dan berjalan menjelajahi sekitar sekolah.

 181 total views