Potensi Kopilung (Kopi Melung)

Potensi Kopilung (Kopi Melung)

Kopilung atau singkatan dari Kopi Melung merupakan salah satu produk unggulan di Desa Melung. Berangkat dari adanya PKH (program keluarga harapan) yang merangkul ibu-ibu untuk mengolah kopi yang ada di Desa Melung.

Kopilung dicetuskan oleh Rohmat (Pembina PKH) Desa Melung, saat itu beliau mencoba menggali potensi yang ada di Desa Melung dan menemukan kopi yang mayoritas gampang ditemukan di lahan perkebunan dataran tinggi seperti Melung. Kopilung merupakan salah satu jenis kopi robusta yang sangat banyak diminati oleh pecinta kopi.

Pemasaran kopilung saat ini masih tradisional dengan menitipkan produk kopilung pada pusat oleh-oleh dan mengikuti pameran-pameran kopi di beberapa kota, seperti di Wonogiri yang akan dilakukan pada bulan September ini.

Dalam rangka kegiatan program KKL Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto tahun 2019 ini membantu mengembangkan pemasaran produk kopilung secara modern yaitu dengan memanfaatkan media internet (online) dan membuatkan video promosi kopilung.  Tujuannya agar kopilung dapat dikenal hingga luar daerah dan pecinta kopi di luar daerah dapat menikmati kopilung tersebut. Inovasi kedapaannya adalah pembangunan tempat wisata kopi (Kebun Kopi).

 

 265 total views,  2 views today

Sumpah Pemuda Dalam Pasar On-line

Sumpah Pemuda Dalam Pasar On-line

Gula Aren siap dipasarkan melalui pasar on-line

Gula Aren siap dipasarkan melalui pasar on-line

Pemasaran merupakan bagian terpenting dalam sebuah bisnis atau usaha. Untuk memperkenalkan produk, kita harus melakukan sebuah promosi. Pemasaran melalui internet merupakan salah satu cara dalam memperluas jangkauan pasar.

Informasi tentang produk yang kita tawarkan dapat menjangkau konsumen yang keberadaannya jauh dalam suatu wilayah. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan, disamping itu pemasaran melalui internet secara otomatis akan buka selama 24 jam.

Pemasaran menggunakan teknologi (internet) ini banyak pilihannya, baik dalam bentuk video, blogg, website maupun media sosial lainnya. Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat Pemerintah Desa Melung dalam waktu dekat akan meluncurkan pasar on-line.

Peluncuran pasar on-line ini akan dilakukan nanti pada (29/10) di Aula Widya Mandala Desa Melung. Nantinya pasar on-line ini dapat diakses melalui internet di pasarmelung.id.

Dengan diluncurkannya pasarmelung.id diharapkan akan menambah gairah ekonomi di Desa Melung, seperti disampaikan oleh Khoerudin (Kepala Desa Melung) dalam sosialisasi rencana pembuatan pasar on-line.

 104 total views