Kegiatan Posyandu di RW 3

Kegiatan Posyandu di RW 3

Kegiatan Posyandu (Senin, 4 Oktober 2021) di RW 3 Dusun II dilaksanakan rutin setiap bulan satu kali pada hari Senin minggu pertama oleh Kader Posyandu Desa Melung (6 petugas) dan didampingi Bidan Desa. Dimulai dari pendaftaran, penimbangan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, pemberian makanan tambahan, serta penyuluhan.

Penyuluhan kali ini diisi oleh Mahasiswa dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto tentang Gizi pada anak.

KADER POSYANDU SIDO ASIH DAN MAHASISWA UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA PURWOKERTO

 82 total views,  16 views today

Seribu Hari Pertama Dalam Kehidupan

Seribu Hari Pertama Dalam Kehidupan

1000 hari pertama dalam kehidupan

Sosialisasi seribu hari pertama dalam kehidupan

Melung 20 September 2016, Bertempat di Gedung Widya Manggala Desa Melung TP-PPK Desa mengadakan rapat koordinasi.  Agenda rutin TP-PPK Desa Melung diadakan setiap tanggal 20. Dalam rapat koordinasi menjadi ajang untuk koordinasi pengurus melaporkan kegiatan selama kegiatan bulan lalu.

Pada rapat koordinasi kali ini dimanfaatkan dengan kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Seribu Hari Pertama Kehidupan. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus PPK Tingkat Desa, RW dan RT serta kader kesehatan dan kader posyandu.

Menurut Wijiana Endah Yani selaku Bidan Desa sekaligus sebagai pembicara menyatakan bahwa kegiatan penting untuk menyongsong generasi penerus yang sehat dan cerdas. Bukan hanya itu saja tetapi secara menyeluruh dapat hidup bersosialisasi di lingkungan rumah, sekolah dan sosial. Dengan harapan akan menumbuhkan kesadran orangtua dalam menghadapi seribu hari pertama kehidupan.

Tahun-tahun pertama sangat menentukan bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.  Ketrampilan seperti memulai langkah pertama berjalan atau menyambut ayah atau ibunya sambil melambaikan tangan merupakan ketrampilan yang dikenal dengan tonggak perkembangan.

Tonggak perkembangan adalah alat pemantau pencapaian perkembangan anak. Beberapa aspek perkembangan, seperti menggambarkan cara anak bermain, bergerak dan berbicara.  Setiap anak 0-5 tahun diharapkan trampil dan mengusai semua aspek tonggak perkembangannya.

Bila anak belum mengusai salah satu atau lebih aspek perkembangan pada usia tertentu maka menandakan anak lambat berkembang. Memantau tumbuh kembang anak berarti kita sekaligus memantau perkembangan otak.

Otak manusia paling cepat tumbuh pada saat bayi baru lahir hingga usia 3-5 tahun.  Gangguan pada perkembangan otak lebih mudah diamati dari perkembangan dan pertumbuhan anak.  Oleh kaena itu dengan memanatu perkembangan anak seakan-akan kita juga memantau perkembangan otak yang merupakan pusat pengontrol kehidupan kita.

 343 total views