Salah satu warga penerima BLT DD

Banyumas, kedungbanteng – Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, hari ini Selasa tanggal 14 Maret 2023 berlangsung terhadap pelaksanaan kegiatan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau biasa kita kenal dengan istilah BLT DD adalah salah satu program dari Dana Desa di tahun 2023, sesuai dengan permendesa no 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa. Program BLT Dana desa  ini di lakukan sejak adanya bencana non alam yang melanda Indonesia, yakni bencana covid 19. Tepat nya telah dilaksanakan sejak tiga tahun silam sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat Terdampak bencana covid 19, khususnya keluarga miskin ekstrim.

Program BLT DD tahun 2023 Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas mencakup 33 KPM atau Orang dalam  Keluarga Penerima Manfaat / KPM dengan Nominal Rp. 300.000 ( Tiga Ratus Ribu Rupiah ) dalam setiap bulan nya, selama 12 Bulan dimulai Bulan Januari 2023 sampai dengan Bulan Desember 2023. Dengan total di terima kan pada periode pertama di bulan Januari s/d Maret, Rp 900.000 ( sembilan ratus ribu rupiah) per KPM.

Timbul Yulianto selaku Sekdes Desa Melung, menyampaikan “ BLT DD adalah salah satu program Jaring Pengaman Sosial ( JPS ) yang bersumber dari Dana Desa diberikan oleh Pemerintah Desa kepada masyarakat desa melalui hasil musyawarah Desa khusus, maka tepat sasaran adalah hal mutlak yang wajib kita penuhi untuk  masyarakat miskin  yang ada.”

Senada juga disampaikan oleh, Supriyadi selaku Pendamping Lokal Desa  Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas menyampaikan “ Sesaui dengan Regulasi Tahun 2023, BLT DD adalah kegiatan prioritas untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrim di Desa dengan mengacu pada Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim ( P3KE ) yang telah dikeluarkan oleh kabupaten dengan memprioritaskan desil satu.harapannya adalah kegiatan ini tepat sasaran sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan yang ada di Desa Melung kecamatan kedungbanteng kabupaten Banyumas.

 1,595 total views,  3 views today

Bagikan Berita