Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi akan dilaksanakan di Desa Melung pada tanggal 29-30 Agustus 2013.  Festival ini dalam rangka peluncuran Purwarupa (protoetip) CAP (Community Akses Point) yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo da dipusatkan di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, dari berbagai daerah penerima purwarupa CAP ini seperti Aceh, Kabupaten Soralangun, Kabupaten Wakatobi, dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat.  Untuk kegiatan ini di Desa Melung didukung juga oleh Gerakan Desa Membangun, Blogger Banyumas, BlankOn Banyumas dan juga Pemerintah Desa Melung.

Prototip CAP ini sebagai ajang berlatih warga desa dalam dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga tidak saja bagi desa sendiri bahkan dapat dimanfaatkan oleh desa-desa lainnya.  Rencana kegiatan CAP sendiri di Desa Melung tidak saja bagi peneriman yaitu Pager Gunung tetapi akan dimanfaatkan juga oleh SMP Negeri 3 Kedungbanteng, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), perangkat desa sekitar desa Melung, lembaga desa seperti TP-PKK, Karang Taruna, Lembaga Keagamaan serta Kejar Paket C Setara SMA Tunas Bangsa.

Berbagai persiapan dilakukan oleh panitian mulai dari pembentukan panitia sampai dengan persiapan tempat prototip CAP dan pelaksanaan kegiatan.  Dimulai dari persiapan penempatan tamu undangan yang bermalam sampai dengan pendistribusian surat undangan, serta persiapan untuk pameran produk desa.