_MG_4277Melung 8 November 2015, Sebanyak 1.400 anggota pramuka dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah mengikuti kegiatan jelajah rute juang Panglima Besar Jendral Soedirman tahun 2015. Kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini diadakan dalam rangka memperingati hari pahlawan, yang untuk tahun ini Kabupaten Banyumas sebagai tempat diadakannya kegiatan tersebut. Munggangsari, Baturraden dipilih sebagai tempat pemberangkatan dalam jelajah juang Sudirman pada Minggu pagi (8/11).

Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, dari hari Minggu sampai hari Selasa. Wilayah Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas menjadi tempat dilewatinya kegiatan tersebut sekaligus sebagi tempat cheking.IMG_4308

Sehari sebelumnya masyarakat sudah bersiap-siap untuk menyambut peserta jelajah juang Soedirman dengan memasang umbul-umbul disepanjang jalan yang akan dilalui dalam kegiatan tersebut. Berbagai lapisan masyarakat mulai dari Pemerintah desa, lembaga-lembaga desa sampai siswa dan siswi turut serta dalam menyambut peserta jelajah juang Soedirman. Sebagian masyarakat turut serta dalam menyambut rombongan demi rombongan dengan berdiri berjajar disepanjang jalan sambil menyemangati peserta.

IMG_4298Disamping menampilkan hiburan seadanya (kenthongan) masyarakat juga menyediakan air minum dan makanan tradisional seadanya. Krawu, ondol, meniran, ceplos tidak ketinggalan mendoan yang saat ini lagi ramai diperbincangkan. Dengan meja kecil masyarakat meletakan minuman dan makanan tersebut di pinggir-pinggir jalan.